AYOCUS.COM

Minggu, 30 Juli 2017

Bersukaria bareng Phinemo di kawasan Kota lama dan pecinan


Semarang, 29 Juli 2018, Kali ini saya akan bersukaria bareng phinemo, menelsik sejarah yang pastinya akan nambah wawasan Saya dalam bidang sejarah di Kota lama ini, nama Saya Kuspriyatna, nah ikutin ya lokasi mana saja yang Kita kunjungi.
1. Taman Srigunting
Pastinya sudah gak asing lagi bagi warga Semarang dengan Taman ini, taman yang terletak di tengah-tengah antara Greja Blenduk Dan gedung spigel ini ternyata KUBURAN. Nah Srigunting sendiri adalah nama burung karena jalan di kawasan Kota lama semuanya adalah nama nama burung.
2. Greja Darurat di kawasan Kota lama

Siapa sangka Semarang contemporary art gallery adalah gereja Darurat yang di pakai Oleh Blanda.
2. Showroom Mobil Pertama di Semarang

Gedung yang terletak persis di depan  gd. Spigel ini dulunya adalah showroom pertama di semarang.
3. Spigel

4. Hotel Terbesar disemarang

Hotel Jansen hotel paling megah di Semarang sekarang sudah beralih fungsi sebagai tempat beli alat alat antiq, hotel ini sudah tidak berbentuk bangunannya karena sudah di rubuhkan, kini hanya menyisahkan nama hotel di pnggir saluran irigasi sebagai prasasti.
5. Pabrik Rokok perahu layar

Bangunan ini adalah pabrik rokok tertua di Semarang pabrik rokok brahu lajar ini dulu ketika pertempuran Lima Hari di Semarang, bangunan ini menjadi gudang senjata.

7.Gd. BORSUMY


Borsumy Borneo Sumatra maskapay dulu disini adalah pabrik pengolahan hasil bumi Borneo dan Sumatra
8.Gd. Transportation perkapalan

Gedung perkantoran Blanda dgn Ciri kas jendela Yg banyak untuk menyamai suhu di Blanda sengaja di buat jendela Yg besar dan panjang,  gedung ini adalah gedung transportasi perkapalan

Masih terdapat lambang jngkar di atas jendela.
9. Gd. Asuransi di semarang
Gedung ini dulunya adalah perusahaan asuransi jaman penjajahan Ingris. Masih terdapat bukti bahwa gd. Ini Bekas kantor perusahaan asuransi Liverpool & London & Globe Insurance.


10. Bank Java
Javas bank cikal Bakal Bank Indonesia, di  Semarang sendiri Javas Bank dulu berada di area Kota lama, berpindah ke kantor Pos pusat dekat jembatan berok kemudian pindah lagi di dekat Universitas Diponegoro

11. Menara Syahbandar
Menara ini dahulunya adalah menara pengawas dan kantor Syahbandar yang dibangun tahun 1825. Dahulu, dari puncak menara ini dapat terlihat pemandangan kota lama dan pelabuhan Semarang. Di tempat yang, sama pernah berdiri sebuah benteng milik VOC yang kita kenal sebagi benteng Vijfhoek. Menara syahbandar ini merupakan salah satu bukti kejayaan Semarang sebagai kota maritim kolonial di masa lampau.

12. Jembatan berog
Nama Berok berasal dari pelafalan Brug (yang berarti Jembatan) oleh pribumi.  jembatan ini berfungsi untuk menghubungkan Kota lama/ Oude Stad yang dipagari dengan benteng berbentuk segi lima (Benteng Vijfhoek) dengan bagian kota yang lain. Kalau Kita lihat dewasa ini seakan akan Kita lihat jembatan kembar, padahal jembatan Berok inI dulunya hanya satu, Jembatan yang asli sejak jaman kolonial berada di sebelah Kiri kalo Kita lihat dr arah Greja blenduk

13. Gd. Bank Mandiri
Gedung ini dulu adalah gedung NEDERLANDSCHE HENDEL MAATSCHAPPY Setelah masa kemerdekaan Indonesia gedung ini ditempati oleh MARGA BHAKTI, yang kamudian di pindah tangankan ke BANK EXIM dan PT. PANTJA NIAGA. Sekarang menjadi BANK MANDIRI

14. Kabel Bekas Traffic Light

Kabel Yg dulu trafig light gantung ini Masih dipertahankan tetap menggantug di tengah tengah jalan.

15. BANK BLANDA

16. Gd. Kantor Pertanian





16. Spar Bank

Spar bank, bank untuk masyarakat menengah kebawah

17. Bank exonto


Yang unik dari gedung ini adalah dua hias, terdapat Lambang Semarang Dan Surabaya Lambang Semarang yang di gambarkan dengan Jangkar karena Semarang merupakan Kota pelabuhan kenapa Ada singa,   singa adalah lambang kekuatan. Kenapa Ada perempuan ? Nah ini yang menarik perhatian says singkat crita setelah Blanda perang melawan  diponegoro Semarang di supplay perempuan sebagai tanda terimakasih Blanda krn membantu melawan diponegoro.

Smg Pro Blanda - Ada politik spt pakubuono

18. Gedung monodius _bursa efek hindia Blanda dulu


19. Spot instagram

Phonon tua yang berakar unik ini Jadi hits di kalangan social media karena keunikannya menempel di bangunan tua

20. Toko Buku sekaligus percetakan
 Bekas toko buku Van Dorp, toko buku terkenal di Semarang. Toko buku ini membuka cabang di kota-kota besar lain seperti Batavia, Surabaya, dan Bandung. Selain menjual buku, Van Dorp juga menjual alat-alat tulis dan membuka usaha percetakan.


Saingan Van Dorp
13. Rumah pendeta Greja Belnduk

Rumah pendeta gd. Blenduk
Beralih fungsi jadi gd. Pengadilan
Dan beralih fungsi jd Rumah makan

14. Gd. Borsumy pertama pada tahun 1939


Gd. Borsumy beralih fungsi menjadi perusahaan perdagangan indonesia
15. Gereja Blenduk

Greja Protestan ini masih berfungsi untuk  tempat ibadah penganut agama Kristen Protestan
16. Gd. Asuransi Nillmy


Gd. Yg pertama Kali Punya life di SMG gedung asuransi Nilmy,
17. Kuil Tay kak sie
Tay kak sie, bisa disebut istana para dewa, kuil dengan dewa paling lengkap, dulunya tidak berada di gang Lombok karena ingin pindah dekat sungai kuil ini dipindah karena menurut kepercayaan dengan dekat Sungai akan lebih baik,  Yg  menarik setiap ulang tahun dewa akan Ada pementasan wayang potehi mulai dari jam 7 malam sampai selesai.

Kenapa di sebut klenteng Bukan kuil,  nah setiap biksu melakukan ibadah dengan  membunyikan lonceng akan berbunyi  "klenteng"  dari situlah masyarakat sekitar menyebutnya kuil adalah klenteng.







Dewa kesabaran,

Geger pecinan perang antara orang Tionghoa  melawan VOC, kurang lebih dua bulan perang berlangsung dan menimbulan ribuan korban, sampai orang Tionghoa dulu di buatkan daerah khusus disebut pecinan, pecinan itu adalah tempat tinggal khusus bagi orang cina. Dulu harus pake paspor ketika keluar dr kawasan pecinan

Sisa Rumah etnis cina, di dalam Ada foto gusdur,

20. Kuil tongpekyo
Disebut kuil dewa bumi, klenteng ini terletak di gang pinggir kenapa dinamai gang pinggir karena pinggir kali, klenteng ini sudah menjadi cagar budaya karena sudah di resmikan Oleh walikota ukuran klenteng ini paling kecil di bandingkan klenteng klenteng lain di kawasan pecinan


Kue pia harga 45.000 apa specialnya bisa beli langsung aja kesini ya .
21. Kuil Ling Hok Bio

Kuil mensyukuri hidup dewa bumi ling hok bio, dulu adalah kuil pribadi Dan dibuka untuk Umum th. 1999

22.Kuil Kwik LAk Kwa dan dewa tito Sinar

kwik lak kwa saat peristiwa geger pecinan perang melawan voc kalah dan hilang karena tenggelam kapalnya di brebes namun nelayan di tegal mereka Masih melihat sosok beliau bahkan menurut kesaksian sempat menyembuhkan penduduk sekitar, Kwik Lak kwa tenggelam di laut laut shingga merekav mendewakan orang tersebut dengan sebutan dewa samudra




Sdikit cerita karena Th.98 hal-hal yang  berbau cina di harus di musnahkan di geger pecinan, bangunan-bangunan sekitarpun yang berbau cina dihancurkan, Jadi tinggal beberapa bangunan di pecinan ini yang Masih bisa di lihat.

JL. Wotgandul -jembatan gantung di blakang bangunan kuil tertua.

Di Kawasan pecinan ini terdapat pasar karena dulu ketika pengotakan terhadap kaum tioghoa untuk bertahan hidup memanggil suku jawa untuk berdagang, nah jd lah pasar pecinan di wot gandul.
23. Kuil Hok Bio

Kuil hok bio, di kuil ini Setiap Hari ultah dewa akan di arak di kawasan pecinan,
Nah di kawasan in Juga terdapat Rumah kertas konon kaum Tionghoa Rumah kertas ini Akan di bakar untuk dikirim ke orang yang sudah meninggal. Rumah in Juga Ada sertifikatnya dengan bahasa hokyan, ketika sertifikatnya salah g Akan di akui, nah typo gak bisa di ampuni tuh.






Keturunan ke 8 pembuat Rumah kertas

Nah dua jam Kita keliling kawasan Kota lama dan pecinan bareng bersukaria Dan phinemo. Banyak banget Hal yang baru Saya ketahui. Dan bener kan belajar  sejarah itu asyik banget, apalagi belajar sejarahnya langsung survey kayak gini.
Semoga review ini bermanfaat dan semangat terus belajar sejarah. Sejarah itu asyik kan.
Reaksi:

1 komentar: