AYOCUS.COM

JELAJAHI WISATA OLEH-OLEH KHAS SEMARANG DARI UMKM

Produk UMKM salah satu penunjang pariwisata oleh-oleh di semarang

HANYA PUNYA WAKTU SEHARI BUAT KELILING SINGAPORE BISA G YA ?

Ketika hanya ada sedikit waktu untuk menjelajahi Singapore, yuk di simak !

PESONA HATYAI KOTA DAMAI DI PERBATASAN THAILAND

Kota perbatasan yang menawan, Hatyai antara Malaysia dan Thailand

PANTAI UNIK DI MADURA - PANTAI LOMBANG

Pantai Penuh dengan Pohon Cemara nan Rindang, pantai Lombang - Madura

APA SAJA YANG HARUS DI PERSIAPKAN SAAT BACKPACKING

Enam hal yang harus kamu persiapkan saat backpackeran, apa saja yuk disimka

Selasa, 19 September 2017

TRAVELLER HARUS TAU EMPAT PILAR BERBANGSA DAN BERNEGARA

Anak muda dan suka travelling, kalian pasti pernah ke suatu pedalaman dimana jalan belum di aspal, listrik belum ada dan suara klakson mobil yang sering kita dengar di jalan kota pun tidak ada, sebagai anak muda dan suka travelling, saya coba ingin membahas bagaimana empat pilar ini bisa kita terapkan ketika travelling di suatu tempat yang kita kunjungi.

Indonesia yang mempunyai 17.504 pulau,  dengan populasi lebih dari 263.846.946 juta jiwa dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama, itu yang membuat Indoneisa kaya, keanekaragaman menjadikan bangsa Indonesia berwarna.

Empat Pilar Kebangsaan terdiri dari PANCASILA, UNDANG – UNDANG DASAR 1945, BHINEKA TUNGGAL IKA, dan NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia), bagi seorang traveller kalian harus tau ke empat Pilar kebangsaan Negara Kita, karena sebagai bekal kita menjelajahi dunia, menikmati keindahan yang tuhan ciptakan kepada kita, kepada bangsa Indonesia, Alam yang begitu indah, Budaya yang mengagumkan, keramahan yang membuat tentram menjadi kekuatan tersendiri bagi bangsa Kita, Bangsa Indonesia.

1. PANCASILA

PANCASILA adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta:pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.

Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila

Bagi Traveller Pancasila sangat penting kita ketahui dan tanamkan dalam hati kita,  ketika kita mengunjungi berbagai tempat, dimana kita akan menemui berbagai agama, seperti Bromo ada Suku Tengger yang mayoritas agama Hindu, di Bali agama Mayoritas Hindu, di Aceh Agama mayoritas Islam, karena berbagai macam agama menjadikan Budaya yang berbeda, unik, mengagumkan, kita harus saling menghormati, saling toleransi, karena Indonesia adalah Indoneisa bukan saya tapi kami, KAMI INDONESIA.

2. UNDANG – UNDANG DASAR 1945

UNDANG UNDANG DASAR 1945 Sebagai dasar hukum tertulis konstitusi pemerintah Negara republik Indonesia saat ini, dimana kita sebagai Traveller harus mentaati dan menghargai hukum di berbagai tempat yang kita kunjungi di Indoneisa, sering kita temui bahwa masyarakat kurang peduli dengan hukum di Indonesia contoh sederhana seperti masih banyak sekali tempat wisata yang kotor karena sampah, Masyarakat Indoenesia yang kurang sadar tentang membuang sampah di tempat sampah yang sudah di sediakan atau jika tidak ada tempat sampah bisa di simpan dulu sampai menemukan tempat sampah, padahal sudah jelas Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Lingkungan Hidup tentang Pengolahan Sampah Pasal 29 ayat 1-e dilarang membuang sampah pada tempat yang tidak di tentukan atau di sediakan. Kita sebagai traveller harus peduli, mulai dari sekarang mari biasakan menghargai bangsa, menghargai Undang Undang Dasar 1945.

3. BHINEKA TUNGGAL IKA

BHINEKA TUNGGAL IKA adalah moto atau semboyan Bangsa Indonesia. Frasa ini berasal dari bahasa jawa kuno dan seringkali di terjemahkan dengan kalimat “ Berbeda – beda tetapi tetap satu, semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Bagi Traveller beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan sangat harus kita hargai, karena keistimewaan Indonesia terletak dari sini, suku baduy dalam yang terkenal dengan adatnya, suku tengger yang masih melakukan acara slametan – slametan di bulan tertentu di gunung bromo, serta Demak yang terkenal dengan Masjid tertua di jawa, tari kecak yang menawan di bali, Bahasa Ngapak sebagai Identitas daerah Tegal, Bahasa jawa, Bahasa Sunda, dan berbagai Agama di Indoensia, Indonesai dengan semboyan BHINEKA TUNGGAL IKA menjadikan kekuatan bagi bangsa Indonesia, sebagai traveller kita harus terapkan sebagai bekal perjalanan kita bahwa kita adalah BHINIKE TUNGAL IKA

4. NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia )

NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), adalah bentuk dari negara Indonesia, dimana negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan, selain itu juga bentuk negaranya adalah republik, kenapa NKRI, karena walaupun negara Indonesia terdiri dari banyak pulau, tetapi tetap merupakan suatu kesatuan dalam sebuah negara dan bangsa yang bernama Indonesia.

Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terdapat dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 alinea keempat yaitu “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.

Seorang Traveller pasti tau bahwa Negara kita ini adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan Negara yang kecil, Negara kita Negara besar, karena kita bersatu dari pulau ke pulau. Di berbagai pualu kita menemui adat yang berbeda, kita menemui bahasa yang berbeda, kita menemui makanan yang berbeda dengan ciri khasnya masing-masing. Indoesia sangat Luas Indonesia sangat Kaya, jika kita terus bersatu dan kompak membangun bangsa indonesia dengan Empat pilar kebangsaan Kita ini, kedepan Negara kita akan menjadi Negara yang Kuat dengan masyarakat yang sejahtera.

Lalu apakah kita sudah menerapkan empat pilar berbangsa dan bernegara ini di kehidupan kita, saya rasa belum sepenuhnya kita terapkan, semangat persatuan dan kesatuan bangsa saat ini sudah mulai retak, pada akhirnya akan mengancam Negara kita Negara Kesatuan Republik Indoneisa. Banyak berita Hoax yang kita temui di sosial media, jangan sampai kita terpengaruh dengan berita semacam itu, kita seperti di adu domba, bangsa kita dengan ciri khas yang beraneka ragam budayanya, harus kita jaga, kita harus saling menghormati antar umat beragama, saling membantu, dan menjaga, Bangsa Indonesia ini akan terjaga kedaulatannya ketika kita menerapkan Empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam hidup kita, apalagi kita seorang traveller yang menumui hal baru di setiap perjalanan kita.
JAYALAH INDONESIA, KITA INDONESIA

Jumat, 08 September 2017

PESONA HATYAI KOTA DAMAI DI PERBATASAN THAILAND

Hat Yai merupakan sebuah kota bagian yang terletak di Thailand bagian selatan. Kota ini juga merupakan kota terbesar di Provinsi Songkhla dan berfungsi sebagai pusat bisnisnya, sedangkan untuk pusat administrasi maupun budayanya berada di kota Songkhla yang menjadi ibukota Provinsi Songkhla. Letak kota ini cukup strategis karena berdekatan dengan Malaysia sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini.Selain Hat Yai kota ini dikenal juga dengan nama Haad Yai atau Had Yai.
Nama Hat Yai merupakan versi pendek dari “Mahat Yai”. Sebelumnya kota ini dikenal dengan nama Khok Sa Met Choon dan merupakan sebuah desa kecil. Wilayah ini semakin berkembang sejak dibangun jaringan kereta api di wilayah ini. Pada tanggal 16 Maret 1949, wilayah ini diberikan status kota yang disebut dengan “Thesaban Mueang”. Hingga akhirnya pada tahun 1995, wilayah ini telah meningkat statusnya menjadi “Thesaban Nakhon”.

Objek Wisata yang dapat dikunjungi di HATYAI, THAILAND:
1. Wat Hat Yai Nai Temple
Patung Buddha yang sedang berbaring dalam ukuran yang besar. Hampir sama dengan patung Buddha yang ada di Wat Poh , Bangkok. Tidak banyak yang bisa dilihat dari tempat ini, jika kamu beragama Buddha, kamu bisa masuk kedalam untuk berdoa. Lebih banyak orang jadikan objek patung Buddha sebagai latar foto mereka seperti saya ini he..he.

2. Samila Beach, Songhka
Disini sama, masuk ke area pantai tidak perlu bayar. Tempat ini tergolong bersih, suasana cukup ramai. Sejurus kemudian, mata mencari apa yang banyak dibicarakan orang, Lady Mermaid. Patung putri duyung ini menjadi icon Samila Beach beberapa tahun ini. Butuh kesabaran yang ekstra untuk bisa foto bareng sang Putri Duyung. Antrian yang tidak henti- hentinya, apalagi jika kamu ingin dapat foto terbaik, angle terbaik, tanpa ada orang lain dalam foto kamu.

3. Tang Kuan Hill Top
Tang Kuan Hill yang terletak di songkla hanya beberapa meter dari Samila Beach Songkhla City - Ibukota Hatyai dimana terdapat sebuah Royal Pagoda, nah Untuk menuju keatas bukit wisatawan dapat menggunakan fasilitas 'cable Lift' sehingga tidak perlu mengeluarkan tenaga extra. Harga tiketnya juga termasuk terjangkau Adult 30 bath sedangkan Child 20 bath. 



4. Hat Yai Municipal Park
Objek wisata ini terletak diatas gunung. Di puncak gunung ini, tempat ibadah " Si Bin Hut - atau Buddha 4 Rupa " dimana Buddha ini menghadap ke 4 penjuru mata angin. kalian bisa sampai di tempat ini dengan menggunakan transportasi yang disediakan dari bawah, beli tiketnya sekitar 20 Bath, karena bodohnya saya kesini pertama kali, saya di tipu sama sopir TukTuk, ketika kami dari wat hat yai menuju tempat ini, saya di turunkan di area bawah tapi langsung di suruh jalan, ikutlah kita jalan dari bawah mungkin baru 3 km jalan kaki saya gemeteran karena nanjak jalannya, nah disini kita ngeteng pickup yang mengarah ketempat yang sama, dan naiklah ke pickup itu, ternyata perjalanan masih jauh dan berkelok kelok 30 menit dari tempat kita setopin pickup tadi sampailah ke Hatyai Muncipal Park dan ketemu dengan adek - adek pramuka yang menggemaskan.   


5.Reclining Buddha 
Patung Buddha ini memiliki panjang 46 meter dengan tinggi sampai 15 m, merupakan patung Buddha terbesar di Thailand. Di bagian kakinya terdapat 108 nama karakter Buddha. Tidak jauh dari situ terdapat wadah sebanyak 108 buah, konon kalau memasukkan koin di setiap wadahnya, maka hidupnya akan penuh keberuntungan, juga membantu para biksu di sana untuk merawat wat-nya.

6. Golden Buddha Statue
Patung Buddha yang berbaring ini begitu menakjubkan, patung ini dilapisi dengan gold leaf, begitu pun dengan bagian mata dan kakinya yang terbuat dari mother-of-pearl. Sangat indah.

7.Nora Plaza
Nora Plaza menjual berbagai jenis barang seperti tas kulit, spatu, dompet dan macam-macam barang yang berbentuk kulit. Selain itu, disini jugamenjual mas,aksesoris dan pakaian.

8.Kwan Im Temple
Salah sartu objek wisata yang terletak di Hatyai, vihara yang berada di daerah hatyai ini merupakan sejarah dari cerita Dewi Kwan Im.

9.Thai Girl Show
pertunjukan teater, tari-tarian, dan kabaret, kita juga dapat menyaksikan atraksi unik khusus orang dewasa yang populer dengan sebutan Thai Girl Show. Pertunjukan yang menampilkan wanita sungguhan ini menyajikan atraksi-atraksi yang sangat berani dan menakjubkan yang tidak bisa diceritakan secara detail di sini, dan saya gak berani masuk di tempat tempat seperti ini, tempatnya kayak diskotik gitu, ada yang nari nari di tiang gitu lah, kalian bayangin sendiri ha,..ha

10.Cabaret Show
Hal yang unik dalam pertunjukan ini adalah para penari dan penyanyi lip-sync adalah waria yang menyerupai artis wanita terkenal di dunia. Para waria dengan dandanan bak miss universe itu terlihat sangat cantik menyerupai wanita sungguhan. Bahkan salah seorang wanita sempat menyatakan perasaan rendah dirinya melihat para waria yang ternyata lebih cantik dan mulus dibanding dirinya yang wanita asli.
caberet Show


11. Hatyai walking Street
ketika kalian jalan - jalan di suatu tempat kalian pasti pengen bawa oleh - oleh atau kenang kenangan meskipun hanya satu barang, nah disini tempatnya buat kalian yang pengen habisin uang bath kalian, dari makanan khas tailand, berbagai macam seafood, salad dan masih banyak lagi, tapi satu yang paling saya suka ketika kesini, barangnya murah banget, di bandingkan dengan catucak di Bangkok Thailand murahan sini berkali kali lipat, disini juga bisa pake bahasa Indonesia kalo kalian pengen nawar brang dan bertransaksi, uang kalian habis ? disini juga bisa pake uang Rupiah nah kan menyenangkan kalo kalian blanja disini, barang kualitas sama lah kayak di Bangkok.
Ini di ambil ketika Pagi, Malemnya Lupa ambil dokumentasinya karena udah asyik jalan
GALERI FOTO HATYAI
bareng Sohib di Municipal 







Jumat, 01 September 2017

HANYA PUNYA WAKTU SEHARI BUAT KELILING SINGAPORE BISA G YA ?


Hai backpackers udah lama kali ya saya g ngeblog, dimaklumi ya kaka ganteng ini selalu sibuk dengan dunianya sampe lupa nyari pacar, Loh curhat jadinya . Nah kalian yang Ingin ke Singapore tapi susah buat cuti, kalian gak usah khawatir bisa kok meski waktu mepet, dompet isinya tipis, kalo niat pengen berangkat, ya berangkat aja gak usah pake mikir banyak, NEKAT aja NEKAT..ha...ha ajaran sesat nih, tapi bener juga loh nekat asal smart nah gimana caranya yuk simak


1. Pesen Tiket Jauh Hari.
Sering gak sih kalian liat iklan tiket promo di TV atau di web yang kalian buka tiba-tiba ada iklan promo tiket pesawat, nah coba deh kalian perhatiin, dikit aja perhatianya jangan banyak banyak nanti baper, he..he Perhatiin dan bandigin tiket ke Singapore sama ke Makasar misal kalo kalian dari jawa, noh murah mana hayo.? kalo kalian udah hemmm sambil angguk angguk geleng geleng pasti gak bakalan nyangka, tiket ke Singapore lebih murah di banding tiket antar pulau Indonesia. kalo kalian pesen jauh-jauh hari pasti dapat tiket murah, apa lagi kalo pas promo bisa jadi cuman bayar airpottex aja alias NOL rupiah.


2. Siapin Pasport.
Kalo pasport kalian harus wajib punya, gampang kok bikinnya, kunjungi situs imigrasi imigrasi.go.id isi formulirnya, Lakukan Pembayaran, setelah itu buka email kalian, klik dan konfirmasi tangal foto dan wawancara di kanwil setempat, terus beberapa hari berikutnya jadi deh Pasportnya. atau kalian klik ini deh biar lebih jelas https://www.cermati.com/artikel/cara-buat-paspor-online-yang-mudah-dan-cepat

3. Itinerary
Siapin itinerary se detile mungkin nih contohnya :

HARI, TANGGAL
JAM
ITINERARY
BIAYA
KETERANGAN
SABTU, 15 JULI
13.50-16.00
PERJALANAN KE SINGAPORE
200 Ribu
BY AIRASIA. KARTU PUTIH DISIMPEN (Arival Card). Cari petunjuk ke terminal 2. Lanjut ke imigrasi.
16.30-17.00
MENUJU HOTEL Footprints Backpacker Hostel
100 Ribu
Berhenti di MRT Rochor
18.00-22.00
KE MERLION,
GARDENS BY THE BAY
MRT
Dari merlion sudah terlihat pemandangan esplanade, Singapore flyer.
Cara ke Merlion: Turun di MRT Rafless Place
Cara ke Gardens by The bay: Turun di MRT Bayfront
22.00
Makan Malam di Kawasan Bugis Street
Atau bisa survey dekat hotel sepertinya banyak makanan
23.00-07.00
Istirahat di hotel
MINGGU, 16 JULI
08.00-16.00
Explore Day 2:
Sentosa Island (Universal Studio)
Masjid Sultan
Beli oleh oleh di Bugis street
-          Sekalian cekout hotel
-          Cara ke sentosa island : Naik MRT turun harbourfront.
-          Mampir Daiso
-          Beli Tiket terusan di lantai 3 naik kereta mengelilingi santosa Island.
-          Ke Universal Studio
-          Lanjut ke bugis berhenti di MRT Bugis
20.00
Perjalanan ke Semarang
By airasia

--> Nah setelah kalian faham bikin itinerary, kalian harus bisa memanage waktu ketika kalian bepergian jangan sampe karena asyik selfie foto foto jadi lupa kalo MRT di singapore hanya sampe jam 12 malam. bingungkan mau naik apa ?














4. Nah Bawa Tumbler dari indonesia ya, kalian bisa isi air di bandara, atau di tempat - tempat wisata banyak kok water station, jadi bisa lebih hemat.

5. Bawa Roti yang banyak dari rumah, nah ini pengalaman nih ketika saya di singapore beli roti 2 lusin, nah bisa seharian gak makan gara - gara bawa bekel roti banyak dari rumah ha..ha sisa banyak uang abang.















6. Beli Oleh - oleh semuanya serba 2 $ SG
Nah kalian yang baru pertama ke singapore harus pergi ke Daiso karena disini semua barang harganya cuman 2 $ dari makeup, pernik pernik kecil, tas, jam tangan, kaos kaki lucu, boneka, hiasan dinding semuanya ada macem - macem tinggal pilih.















Nah Trip yang singkat tapi menyenangkan, dari Sabtu malam sampai Minggu  Sore bisa kan kalian keliling Singapore tanpa mengganggu pekerjaan kalian. Minggu malam sudah sampe rumah dan kembali beraktifitas lagi di hari senin paginya.