AYOCUS.COM

Selasa, 19 September 2017

TRAVELLER HARUS TAU EMPAT PILAR BERBANGSA DAN BERNEGARA

Anak muda dan suka travelling, kalian pasti pernah ke suatu pedalaman dimana jalan belum di aspal, listrik belum ada dan suara klakson mobil yang sering kita dengar di jalan kota pun tidak ada, sebagai anak muda dan suka travelling, saya coba ingin membahas bagaimana empat pilar ini bisa kita terapkan ketika travelling di suatu tempat yang kita kunjungi.

Indonesia yang mempunyai 17.504 pulau,  dengan populasi lebih dari 263.846.946 juta jiwa dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama, itu yang membuat Indoneisa kaya, keanekaragaman menjadikan bangsa Indonesia berwarna.

Empat Pilar Kebangsaan terdiri dari PANCASILA, UNDANG – UNDANG DASAR 1945, BHINEKA TUNGGAL IKA, dan NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia), bagi seorang traveller kalian harus tau ke empat Pilar kebangsaan Negara Kita, karena sebagai bekal kita menjelajahi dunia, menikmati keindahan yang tuhan ciptakan kepada kita, kepada bangsa Indonesia, Alam yang begitu indah, Budaya yang mengagumkan, keramahan yang membuat tentram menjadi kekuatan tersendiri bagi bangsa Kita, Bangsa Indonesia.

1. PANCASILA

PANCASILA adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta:pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.

Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila

Bagi Traveller Pancasila sangat penting kita ketahui dan tanamkan dalam hati kita,  ketika kita mengunjungi berbagai tempat, dimana kita akan menemui berbagai agama, seperti Bromo ada Suku Tengger yang mayoritas agama Hindu, di Bali agama Mayoritas Hindu, di Aceh Agama mayoritas Islam, karena berbagai macam agama menjadikan Budaya yang berbeda, unik, mengagumkan, kita harus saling menghormati, saling toleransi, karena Indonesia adalah Indoneisa bukan saya tapi kami, KAMI INDONESIA.

2. UNDANG – UNDANG DASAR 1945

UNDANG UNDANG DASAR 1945 Sebagai dasar hukum tertulis konstitusi pemerintah Negara republik Indonesia saat ini, dimana kita sebagai Traveller harus mentaati dan menghargai hukum di berbagai tempat yang kita kunjungi di Indoneisa, sering kita temui bahwa masyarakat kurang peduli dengan hukum di Indonesia contoh sederhana seperti masih banyak sekali tempat wisata yang kotor karena sampah, Masyarakat Indoenesia yang kurang sadar tentang membuang sampah di tempat sampah yang sudah di sediakan atau jika tidak ada tempat sampah bisa di simpan dulu sampai menemukan tempat sampah, padahal sudah jelas Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Lingkungan Hidup tentang Pengolahan Sampah Pasal 29 ayat 1-e dilarang membuang sampah pada tempat yang tidak di tentukan atau di sediakan. Kita sebagai traveller harus peduli, mulai dari sekarang mari biasakan menghargai bangsa, menghargai Undang Undang Dasar 1945.

3. BHINEKA TUNGGAL IKA

BHINEKA TUNGGAL IKA adalah moto atau semboyan Bangsa Indonesia. Frasa ini berasal dari bahasa jawa kuno dan seringkali di terjemahkan dengan kalimat “ Berbeda – beda tetapi tetap satu, semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Bagi Traveller beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan sangat harus kita hargai, karena keistimewaan Indonesia terletak dari sini, suku baduy dalam yang terkenal dengan adatnya, suku tengger yang masih melakukan acara slametan – slametan di bulan tertentu di gunung bromo, serta Demak yang terkenal dengan Masjid tertua di jawa, tari kecak yang menawan di bali, Bahasa Ngapak sebagai Identitas daerah Tegal, Bahasa jawa, Bahasa Sunda, dan berbagai Agama di Indoensia, Indonesai dengan semboyan BHINEKA TUNGGAL IKA menjadikan kekuatan bagi bangsa Indonesia, sebagai traveller kita harus terapkan sebagai bekal perjalanan kita bahwa kita adalah BHINIKE TUNGAL IKA

4. NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia )

NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), adalah bentuk dari negara Indonesia, dimana negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan, selain itu juga bentuk negaranya adalah republik, kenapa NKRI, karena walaupun negara Indonesia terdiri dari banyak pulau, tetapi tetap merupakan suatu kesatuan dalam sebuah negara dan bangsa yang bernama Indonesia.

Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terdapat dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 alinea keempat yaitu “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.

Seorang Traveller pasti tau bahwa Negara kita ini adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan Negara yang kecil, Negara kita Negara besar, karena kita bersatu dari pulau ke pulau. Di berbagai pualu kita menemui adat yang berbeda, kita menemui bahasa yang berbeda, kita menemui makanan yang berbeda dengan ciri khasnya masing-masing. Indoesia sangat Luas Indonesia sangat Kaya, jika kita terus bersatu dan kompak membangun bangsa indonesia dengan Empat pilar kebangsaan Kita ini, kedepan Negara kita akan menjadi Negara yang Kuat dengan masyarakat yang sejahtera.

Lalu apakah kita sudah menerapkan empat pilar berbangsa dan bernegara ini di kehidupan kita, saya rasa belum sepenuhnya kita terapkan, semangat persatuan dan kesatuan bangsa saat ini sudah mulai retak, pada akhirnya akan mengancam Negara kita Negara Kesatuan Republik Indoneisa. Banyak berita Hoax yang kita temui di sosial media, jangan sampai kita terpengaruh dengan berita semacam itu, kita seperti di adu domba, bangsa kita dengan ciri khas yang beraneka ragam budayanya, harus kita jaga, kita harus saling menghormati antar umat beragama, saling membantu, dan menjaga, Bangsa Indonesia ini akan terjaga kedaulatannya ketika kita menerapkan Empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dalam hidup kita, apalagi kita seorang traveller yang menumui hal baru di setiap perjalanan kita.
JAYALAH INDONESIA, KITA INDONESIA

Reaksi:

5 komentar:

  1. Betul banget kalau travelling ke antar pulau di Indonesia kita bakalan ketemu orang dengan suku dan budaya yang berbeda, tapi makin memperkaya wawasan dan batin kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, ka Vita, semakin kita mengenal dunia dan beranekaragam budayanya kita bakalan jadi manusia yang toleran

      Hapus
  2. Kalo udah bicara NKRI...kita ga bicara lagi ttg aku-kamu...tapi KITA..iyaa KITA 😁

    BalasHapus
  3. Anak traveling nih, cieee.. Kalau ada yang ngotot banget sama isu SARA bilangin aja mas "makanya piknik biar kamu TAU kalau Indonesia ga cuma punya golongan kamu doang!" :)

    BalasHapus
  4. Artikel yg menarik kak. Makasih udah remind soal 4 pilar ini :)
    Semoga banyak yg semakin sadar soal keberagaman bangsa kita.
    Keep sharing ya!

    BalasHapus