AYOCUS.COM

Kamis, 28 Desember 2017

JELAJAHI WISATA OLEH-OLEH KHAS SEMARANG DARI UMKM

Tempat wisata dan oleh - oleh adalah satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan, ketika anda berwisata pasti ada kawan atau keluarga bilang, jangan lupa oleh - olehnya ya, bicara tentang oleh - oleh tak akan ada habisnya, banyak dan berbagai macam pilihan oleh - oleh yang bisa dibawa pulang, tergantung anda pengennya dalam bentuk seperti apa dan isi dompetnya berapa he..he.
Semarang sebagai tempat wisata budaya yang terkenal dengan berbagai macam etnis dan bangunan bangunan ibadah seperti klenteng sampokong, Greja Blenduk di kota lama, Masjid Agung Jawa Tengah, wihara Buddha Gaya dan masih banyak lagi menawarkan berbagai mcam jajanan dan oleh - oleh menarik, berikut tempat yang bisa jadi pilihan anda membeli oleh - oleh ketika mengunjungi semarang :
1. SEMARANG KREATIF GALERI 

SEMARANG KREATIF GALERI merupakan tempat dimana produk UMKM di kota semarang di pamerkan, disini menjadi galerinya UMKM di Kota Semarang. Ada berbagai macam produk yang di pajang dan bisa anda beli langsung disini, harganyapun cukup murah dan kualitasnya jelas yang terbaik, "karena hanya kualitas yang terbaik dan banyak pembelinya yang akan dipamerkan di sini." ujar Bapak Doni Darmawan Selaku Perwakilan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah. 
Sepatu Kulit Asli dengan design Modern dan kekinian
Batik Tulis Semarangan

Sepatu dan Tas Dengan Design Keren
Seperti jam tangan dari kayu, dompet kulit, Sepatu Kulit, dan yang jadi primadona dan unggulanya disini adalah batik tulis, tak mau ketinggalan Ibu Tia dan Bapak Hendrar Prihadi,SE.MM selaku Walikota Semarangpun turut andil berwira usaha, beliau membuat tas unik dari tenun dengan Merc TH singkatan dari Tia dan Hendrar.

TH (Tia dan Hendrar P) - Produk dr Istri Walikota Semarang

Semarang Kreatif Galeri berada di Jalan Purwodinatan area Kota Lama Semarang. Belum bisa jalan jalan ke kota lama dan mampir ke Semarang Kratif Galeri tenang, anda juga bisa blanja online di http://semarangkreatifgaleri.com/


2. BANDENG PRESTO ISTICOMAH
BANDENG PRESTO merupakan oleh-oleh yang wajib dibeli ketika berwisata ke Semarang. ada berbagai outlet yang menjual bandeng presto di semarang, salah satunya adalah Bandeng Presto Isticomah. Bandeng Presto Isticomah mulai berdiri tahun 2007.

Menurut Bapak Petrus Sugianto pemilik Bandeng Pesto Isticomah "Bandeng adalah ikan yang paling tinggi kandungan proteinnya dibanding ikan lain, tetapi ketika dimasak akan menyusut dan menjadi sedikit, di Sini kami mengembangkan cara memasak agar bandeng tetap mempunyai kandungan protein yang tinggi dengan di bantu penelitian oleh mahasiswa dari UNNES dan Bank- Bank di Indonesia artinya Bandeng yang kami Jual disini berkualitas tinggi".

Proses Membersihkan Bandeng
Proses Presto
Proses Pengeringan
Proses Pengemasan
Selain Bandeng duri lunak atau bandeng presto LTHPC Bapak petrus juga mengembangkan berbagai olahan serba bandeng, seperti Otak - otak bandeng, Bandeng Asap, Bandeng Tandu (Tanpa Duri), Tahu Bakso Bandeng, Pepes Bandeng, Stick Kalsium dari duri bandeng, Krupuk Kulit Bandeng. Selain di Semarang Bandeng Presto Isticomah sudah dipasarkan di Batam, Jakarta, Tanggerang, Bekasi, Bogor dan Sampai ke Malaysia.  di sini juga membuka reseller lo kalo para pengunjung ingin menjual lagi bandeng duri lunak Istikomah.
Bandeng Duri Lunak Isticomah

Tahu Bakso Bandeng

Stick Duri Bandeng

Harga Bandeng lunak di sini cukup murah, bisa beli keloan, atau biasa beli satu dus yang isinya dapat dua ekor ikan bandeng kurang lebih 500 gram dengan harga Rp 40.000. atau Rp 80.000 / kg.

CONTACT
Alamat : Jl. Dworowati Raya No.29 B Semarang Kode Pos. 50141 Jawa Tengah
Bapak Petrus Sugianto
Telp. (024) 76432317, Hp : 081390948222

3. KAMPUNG ALAM MALON
KAMPUNG ALAM MALON merupakan kampung yang terletak di Kel. gunung pati Kec. Gunung Pati  semarang, disini terdapat sentra pembuatan batik khas semarang yaitu Batik Zie, nah selain Anda bisa melihat proses pembuatan batik, Anda juga bisa langsung belajar membuat batik itu sendiri, yang special dari kampung Alam Malon ini semua batik terbuat dari pewarna alam, ada batik dari mangrove, ada juga dari pohon indigo, Batik Legenda menjadi salah satu primadona di sini, Batik Legenda adalah batik yang mempunyai cerita di dalam goresannya.

Batik Mangrove ini meskipun menggunakan pewarna alam, motive bisa bertahan puluhan tahun, awet karena sudah menggunakan proses fiksasi menggunakan tawas, kapur, cuka,  serta tunjung jadi memang prosesnya lama untuk menjadi batik yang berkualitas, asal cara merawatnya juga benar, cara merawat batik seperti ketika mencuci jangan pake detergen, mencuci batik sebaiknya pakai lerak, lerak itu buah yang didalamnya terdapat kandungan sabunnya, dan jangan di kucek cukup di celup saja serta jangan di peres karena akan merusak serat kain, kalo tidak punya lerak bisa pake sampho bayi. 
Proses Pengeleman
Harga batik zie kisaran Rp 200.000 - Rp 5.000.000, ada yang masih berbentuk kain, atau bisa beli yang sudah jadi berbentuk baju rena kita tahu di dunia fashion tarif jasa jahit kadang lebih mahal daripada harga batiknya sendiri. Batik Zie ini sering mengikuti pameran skala nasional. Banyak pengunjung mancanegara yang tertarik melihat proses membatik disini, seperti wisatawan jepang yang suka dengan warna indigo kebiru biruan, atau wisatawan dari Blanda lebih suka ke clasic lebih ke coklat warna mangrove.
Pengunjung sedang di jelaskan cara perawatan Batik
Bapak Marheno J. pemilik Zie Batik
Batik Zie ini menerima pelatihan juga bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana proses membuat Batik Tulis, Batik Cap tentunya dengan pewarna Alam nanti juga bisa di ajarkan cara membuat pewarna alamnya lo, Selain menerima pelatihan Zie batik bisa menerima pesanan sesuai keinginan anda, Mulai batik tulis dan cap sesuai ke inginan, Seragam, Cindera mata / Souvenir

CONTACT
Bapak Marheno J.
HP : 085290013753, WA 085742509295, (024) 91500777
Alamat : Kampung Malon 15 Rt. 02 Rw. 05 Kel. Gunungpati Kec. Gunungpati Jawa tengah
Email : Zie_batik@yahoo.co.id
IG : Zie_batik.mangrove
Reaksi:

16 komentar:

  1. Balasan
    1. Orangnya Juga Cakep kak, hayo milih orangnya apa batiknya

      Hapus
  2. Waah...batiknya sangat unik dan bagus yaa 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Apalagi orang dr Demak yg pakai Ulala Makin bagus gagah Jos

      Hapus
    2. apalagi kalo kita pake bareng diacara yang sama. pasti makin jos dan tingkat kegantengan langsung naik jadi 92%

      Hapus
  3. aku suka banget sama zie batik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku Juga suka kak, Alami g KW kayak Alismu Eeeh Kok sampe alis ya..ha..ha maapkan

      Hapus
  4. Ini Kus doangan yak yang masuk ke produksi dalam?
    Ejie sibuk nanya sama pak Petrusnya euy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya q di jelaskan proses memasaknya sampai selesainya kak

      Hapus
  5. Bandengnya kayaknya enak kak.

    Tapi yang bikin nggak lupa Tetep aja duren malonnya kak :9

    BalasHapus
  6. Batiknya cakep, pengen main ke Batik Malon 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kak ajak temen temen semua buat kesini

      Hapus
    2. Yuk kak ajak temen temen semua buat kesini

      Hapus
  7. Seneng deh kalo UMKM semakin berkembang dan diminati, semoga bisa terus berkembang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget ya kak rahmania, memang harusnya seperti di semarang nih ada tempat khusus menyediakan pameran Hasil UMKMnya

      Hapus