AYOCUS.COM

Minggu, 03 Desember 2017

WARGA SEMARANG JAMAN NOW HARUS TAU PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN KOTA SEMARANG

SEMARANG merupakan Ibu Kota Jawa Tengah dengan jumlah penduduk 1.7 juta jiwa, dengan jumlah penduduk yang padat Kota Semarang selalu berupaya melakukan inovasi – inovasi program kesehatan yang bertujuan menjadikan masyarakat Kota Semarang sehat dan sejahtera.  sesuai Visi Dinas Kota Semarang “Terwujudnya Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kota Semarang Terbaik Se-Jawa Tengah Tahun 2021” pelayanan kesehatan di Kota Semarang terus berbenah diri.

Pelayanan kesehatan dasar seperti Puskesmas di Semarang telah ter-Akreditasi bahkan sudah ada yang mendapatkan predikat terkareditasi paripurna seperti Puskesmas Gayamsari, ada 37 puskesmas Utama, 36 Puskesmas Pembantu dan 240 Klinik Pratama yang tersebar di seluruh Kota Semarang. Begitupun Rumah Sakit di Semarang ada 19 Rumah Sakit Umum dan 7 Rumah sakit Khusus. Dengan jumlah dokter 2258 Orang. Menjadikan pelayanan kesehatan Kota Semarang semakin Baik dan Hebat.

UHC – Universal Health Coverage Kota Semarang

Jaminan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage Kota Semarang (UHC)  merupakan program kerja hebat yang diluncurkan Bapak Walikota Semarang Hendrar Prihadi,SE.MM. pada 1 Nopember 2017 di RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro. Kebetulan saya di tunjuk sebagai salah satu pengisi acara dengan Hand Higine Dance, UHC merupakan bentuk komitmen pemerintah kota semarang dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Kota  Semarang.  Syarat kepesertaan UHC ini sangat mudah, cukup menunjukan dokumen kependudukan Kota semarang yang minimal enam bulan dan bersedia mendapatkan pelayanan di tingkat pertama di puskesmas atau di Rumah Sakit dengan kelas 3. Jangan khawatir kelas tiga di Rumah Sakit kota semarang pelayanan kesehatannya tidak kalah beda kok.

Hand Higine Dance Pembukaan UHC 1 Nov 2017

Ketentuan Pendaftaran UHC , pendaftaran tidak dapat diwakilkan pihak ke – 3, dan pendaftar adalah kepala keluarga / Anggota Rumah tangga yang tercantum pada dokumen kependudukan, bagai mana jika calon peserta UHC hidup sebatangkara atau sudah lansia, nah kalo peserta yang masih punya anggota keluarga bisa daftar di Dinas Kesehatan Kota Semarang (DKK semarang) terletak di Jl. Pandanaran No. 79 Mugassari Semarang Selatan Kota Semarang.  Sedangkan bagi Lansia bisa langsung datang ke puskesmas terdekat, pasti di layani dan Kartu UHC langsung di antar ke puskesmas jika sudah jadi tentunya, nah mudah kan, begitulah komitmen Pemerintah Kota Semarang, warga sehat menjadi kebanggaan kota semarang.



Angka Kematian Ibu (AKI) dan Implementasi GERMAS Hidup Sehat Kota Semarang

Salah satu program Dinas Kesehatan Kota Semarang adalah menurunkan Angka Kematian Ibu dan Anak, serta Menerapkan  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kota Semang, Karena Semarang adalah kota dengan penduduk yang padat, pemerintah kota semarang selalu berusaha sigap, melayani Ibu Hamil dan Nifas dengan Resiko Tinggi, Bagi Ibu Hamil apalagi dengan Resiko tinggi sangat disarankan untuk selalu memeriksakan kehamilannya. Jadwal pemeriksaan kehamilan atau disebut juga Ante Natal Care (ANC) menurut WHO Ibu hamil disarankan memeriksa kehamilannya setiap 4 minggu sekali dari saat pemeriksaan kehamilan pertama, sampai usia kehamilan 28 minggu, dan setiap 2 minggu sekali dari usia kehamilan 28-36 minggu, serta setiap satu minggu sekali dari usia kehamilan minggu ke 36 hingga waktunya melahirkan. Jadwal pemeriksaan ibu hamil ini sangat penting dan harus di terapkan jika ingin Bumil sehat.



Bisa dilihat di diagram batang di atas bahwa tren Kasus kematian ibu di kota semarang selalu menurun dari tahun ketahun, ini menunjukan komitmen kerja keras Petugas kesehatan di kota semarang.

Di atas adalah Upaya yang sudah dilakukan DKK Semarang dalam penurunan AKI dan AKB, salah satunya adalah pendampingan Ibu Hamil dan Ibu Nifas dengan Resiko Tinggi oleh GASURKES, Ada juga kelas Ibu hamil, ada senam hamil dan penyuluhan bagi Ibu hamil, Jika terjadi kegawatan DKK Semarang sudah menyediakan Ambulan Hebat  dengan CP. 1500-123 Pelayanan Ambulan ini GRATIS.


GERAKAN MASYARAKAT (GERMAS) HIDUP SEHAT

Pilih mana menjaga badan sehat agar tetap sehat atau mengobati agar menjadi sehat? Nah kalau menjaga badan sehat agar tetap sehat itu murah sedangkan mengobati agar menjadi sehat itu mahal. Program Indonesia sehat pada tahun 2017 salah satunya adalah mewujudkan GERMAS Hidup Sehat.

Gerakan Masyarakat Hidup sehat adalah Suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama – sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran , kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Tujuannya adalah Kesehatan terjaga, Lingkungan Bersih, Produktif, dan tentunya biaya berobat berkurang. Fokus kegiatan Germas tahun 2017 adalah Melakukan Aktifitas Fisik, Konsumsi Sayur dan Buah, serta Memeriksa Kesehatan Secara Berkala. Nah bagi kalian yang Sudah melakukan tiga hal tersebut berarti anda sudah termasuk Masyarakat yang sadar Hidup Sehat.

Biasakan olehraga 30 menit 3 kali seminggu biar sehat

PIS-PK Kota Semarang

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga telah di lakukan oleh Pemerintah Kota Semarang, Puskesmas adalah garda terdepan untuk meningkatkan jangkauan sasaran pendekatan akses pelayanan kesehatan dengan mengunjungi keluarga – keluarga di wilayah kerjanya. Melakukan monitoring terhadap masalah kesehatan yang timbul di masyarakat dengan pendekatan ini dirasa sangat efektif, karena petugas langsung mendatangi masyarakat dan melakukan sosialisasi.

Tujuan PIS-PK adalah Keluarga sehat- Kelurahan Sehat – Kecamatan Sehat dan Masyarakat Indonesia Menjadi Sehat. Kinerja PIS-PK Kota Semarang dengan cara pendataan atau kunjungan keluarga dengan diberi qeuesioner, serta menilai keluarga dengan 12 Indikator keluarga sehat, serta melakukan intervensi awal dan dilanjutkan menindak lanjuti masalah kesehatan yang di jumpai.

Jadi Jika ada Petugas Puskesmas mendatangi tempat anda, dan mewawancarai anda, berikan penjelasan secara jujur, karena ini adalah salah satu upaya anda untuk tetap hidup sehat yang termonitor oleh pemerintah.

Nah, sudah tau kan Program Dinas Kesehatan Kota Semarang seperti apa, Ada Ambulan Hebat, UHC, GERMAS Hidup Sehat dan PIS-PK Kota Semarang, pemerintah sudah melakukan upaya terbaik untuk warga kota semarang, nah tinggal kita nih, Yuk Berusaha menjaga badan sehat agar tetap sehat, dengan cara Aktivitas fisik 30 menit olahraga selama 3 kali dalam seminggu, makan buah dan sayur serta chek kesehatan secara berkala, Ingat Sehat Itu Indah, Sehat Itu Nikmat, Sehat Itu Hemar dan Sehat Itu segala.
Info Penting :

1.       CP. Ambulance Hebat – (1500-123)
2.  Alamat DKK Kota Semarang Jl. Pandanaran No. 79 Mugassari Semarang Selatan Kota Semarang Telepon : 024 8318070 – 8415269 fax. 024 8318771 Email : dinkes@semarang.go.id
Reaksi:

2 komentar:

  1. Wahhh harus jaga pola makan biar ttp sehat dan bisa dolan yaa kak. Nice info banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, makan yg seimbang di barengi dengan olahraga, lakukan peregangan ketika dua jam di atas meja komputer @jejakjelata

      Hapus