Featured Slider

MENGENAL CORONAVIRUS COVID-19 YANG MEMATIKAN

Dunia telah dikejutkan dengan kasus coronavirus yang sangat cepat penyebarannya. Sudah 81.191 orang yang dilaporkan terinfeksi virus corona, dan 2.768 orang dinyatakan meninggal dunia. Indonesia sendiri sampai detik ini 26 Februari 2020 belum memiliki kasus coronavirus yang dilaporkan, kabarnya WHO sempat cemas, apakah Indonesia mampu mendeteksi virus ini. 



Kekawatiran WHO dikarenakan sejauh ini Indonesia masih Negatif virus corona. Sedangakan kita tahu bahwa negara - negara tetangga sudah positif, selain itu WHO menilai Indonesia belum mempunyai peralatan yang mumpuni untuk mendeteksi virus corona ini.

Pada selasa (11/2/2020), setelah meninjau langsung litbangkes yang bernaung di Kementrian kesehatan. "Indonesia punya kit atau peralatan yang bisa mendeteksi Novel Corona Virus, laboratoriumnya juga punya kompetensi untuk mendeteksinya" tutur Dr. Vinod Kumar Kumar Bura selaku Medical Officer WHO Indonesia.

Meninggalnya pasien dengan kasus suspect coronavirus yang terjadi di Semarang (23/2) dilaporkan hasilnya negatif virus corona. Sejak di rawat di RSUP dr. Karyadi dari tanggal 17 Februari 2020 dengan gejala mirip seperti virus corona, pasien menderita demam tinggi, batuk dan sesak nafas sejak pulang dari spayol dan dubai.

Penyebaran coronavirus di dunia sangat menghawatirkan, bagaimana tidak setiap menit angka kasus  terus bertambah, jika kalian ingin tahu perkembangan coronavirus bisa KLIK DISINI.


BERIKUT INI CARA MENGURANGI RESIKO INFEKSI CORONA VIRUS

1. CUCI TANGAN

Mencuci tangan dengan benar akan mencegah resiko infesi corona virus, kita tidak tau bakteri apa yang menempel di tangan kita, usahakan cuci tangan dengan baik dan benar. Mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit, berikut langkah cuci tangan yang benar :
Picture by RS Wijaya Kusuma
  • Gosok telapak tangan - Menggosok dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.
  • Gosok punggung tangan - Gunakanlah telapak tangan kanan untuk menggosok punggung tangan kiri, kemudian lakukan sebaliknya.
  • Gosok Sela Jari - Silangkan jari tangan kanan dengan kiri, kemudian gosok hingga benar- benar bersih
  • Gosok bagian dalam jari - Gosoklah bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  • Bersihkan Ibu jari - Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan.
  • Bersihkan kuku - kuku - Bersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung - ujung jari hingga saling bertemu.

2. JAGA ETIKA BATUK





Karena coronavirus gejalanya dengan batuk, kita harus tau etika batuk,  karena etika batuk dapat mencegah penyebaran suatu penyakit secara luas melalui udara bebas (Droplets) dan membuat kenyamanan pada orang di sekitarnya. Droplets tersebut dapat mengandung kuman infeksius yang berpotensi menular ke orang lain disekitarnya melalui udara pernafasan. Penularan penyakit melalui media udara pernafasan disebut “air borne disease”. berikut langkah etika batuk yang harus kita ketahui dan praktekan.
  • Gunakan masker jika kita batuk / flu
  • Tutup mulut dan hidung menggunakan lengan tangan atas, karena batuk merupakan reflek yang tidak bisa di kontrol, sedangkan kita tidak siap membawa tisu, lengan bagian ataslah yang kita gunakan untuk menutupi mulut dan hidung kita, jangan telapak tangan karena telapak tangan yang belum di cuci sangat banyak bakterinya.
  • Tutup Mulut dan hidung dengan tisu, jika sedia tisu, lalu buang di tempat sampah, jangan buang sembarangan, dan segeralah cuci tangan dengan benar, dan menggunakan air mengalir. 
  • Jika sudah selesai bilas dengan air mengalir hingga bersih, lakukan selama 15 - 30 detik. kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya.

3. GUNAKAN MASKER SAAT BERAKTIVITAS

Dalam konteks kehidupan sehari-hari  pemakaian masker bedah atau masker N95 disarankan dipakai karena dapat membantu mengurangi risiko penularan. Beberapa ahli menyebut pemakaian masker ini lebih baik daripada tidak sama sekali.
4. MAKAN MAKANAN SEHAT BUAH DAN SAYUR

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsilah makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.
Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

5. HINDARI TRAVELLING KE NEGARA POSITIF CORONA
Tidak hanya Tiongkok, penyakit infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa. Virus Corona juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.
Agar tidak tertular virus ini, disarankan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran coronavirus.

6. CARI BANTUAN MEDIS

Bila Anda mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam dua minggu terakhir Anda bepergian ke Tiongkok atau negara-negara lain yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

MENCINTAI DIRI SENDIRI CARA AMPUH HARGAI DIRI

Banyak hal yang bisa membuat kita merasa tidak suka dengan kondisi kita saat ini,  Misalnya wajah berjerawat, makin tua, karir mentok, tak punya uang, hingga hal - hal lainnya yang membuat kita merasa gagal, akhirnya insecure, tidak percaya diri, hidup akan selalu negatif thinking.

Mencintai diri sendiri akan membebaskan kita dari beban sosial. dengan mencintai diri sendiri kita belajar memahami diri dan bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini. sederhananya kita memiliki pekerjaan yang menumpuk dan kita tau sampai jam berapa kita akan mengahiri pekerjaan itu, pahami diri kita, jika sudah sangat lelah, berhentilah, istirahatlah.

Untuk memulain mencintai diri sendiri kita  harus lebih dulu mengenal siapa kita sebenarnya secara mendalam, seperti apa sikap kita, karakteristik, kebutuhan, keinginan, hingga apa yang kita sukai dan tidak kita sukai.

Berikut cara saya mencintai dan menghargai diri saya sendiri : 

1. PENUHI KEBUTUHAN DIRI SENDIRI

Mengerti kebutuhan diri merupakan langkah utama mencintai diri sendiri, Kita harus memperhatikan kebutuhan kita, baik kebutuhan fisik, rohani, psikis atau mental kita. Misalnya dengan mengetahui bahwa kita harus tidur 7 - 8 jam sehari, makan tiga kali sehari, olahraga 30 menit sehari hingga beribadah tepat waktu. 

Hal - hal kecil yang di anggap remeh diatas jangan cuma diperhatikan, semua kebutuhan kita harus terpenuhi dengan cara - cara yang sehat. misalnya dengan memperhatikan menu sehat yang kita konsumsi, makanan sehat juga akan sangat berdampak baik bagi tubuh kita, kalau kita cemilan saja gorengan, nanti makan lauk gorengan lagi, alhasil lemak jahat akan menumpuk di tubuh kita, badan kaku, kesemutan, susah tidur akhirnya hipertensi, terus komplikasi ke jantung, kalo sudah begini kita yang susah, keluarga bakal repot. makan makanan sehat dan seimbangkan dengan buah dan sayur, agar gizi kita tercukupi. 

Saya agak sedikit rewel dengan perut yang selalu lapar, setres kerjaan lapar, malam ga bisa tidur  lapar, mungkin kalian juga senasib, nah saya selalu bawa apel whasington kemana-mana, saat kerja maupun travelling, untuk mengontrol agar tidak selalu mengkonsumsi makanan  yang kurang sehat, apalagi apel whasington bisa saya taruh di mana saja, saku atau ransel misalnya.


Nah tak kalah penting olaharaga, mulailah berkomitmen untuk olahraga kecil - kecilan seperti lari -lari di halaman rumah, push up di kamar, olahraga tak harus mahal, hal - hal yang saya contohkan di atas adalah olahraga yang tidak mengeluarkan biaya, kalian harus mencobanya.

Gaya hidup sehat sangat kita butuhkan, kita harus selalu mengontrol makanan yang akan masuk kedalam tubuh kita, asupan dan gizi seimbang harus kita prioritaskan, agar kita terhindar oleh virus dan kuman penyebab penyakit.

Bulan februari ini dikenal dgn memperingati hari kanker, saya sangat prihatin dengan penyakit yang mematikan ini, terlebih saya kerja di salah satu Laboratorium kesehatan yang memang menangani hal-hal semacam ini, hasil pemeriksaan PA ( Patologi anatomi) yang menunjkan keganasan kanker selalu mengerikan bagi saya, terlebih teman kerja saya ternyata sedang berjuang melawan kanker payudara.

Perjuangan merawat dan melawan penyakit kanker juga dirasakan beberapa teman saya, satu bulan yang lalu Ibu dari teman saya juga meninggal akibat kanker rahim.

Medical chek up saya rasa sangat kita butuhkan, kita tidak tau fisik kita nyata sehat atau tidak, ketika belum melakukan Medichal Chek up, Rumah sakit tidak hanya melayani orang sakit, orang sehat juga pasti dilayani. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. 

2. BERGAUL DENGAN ORANG-ORANG POSITIF

Dikelilingi oleh orang - orang yang positif, penyayang dan penuh cinta, bisa jadi sebuah keuntungan, kita akan terbawa suasana dan kebiasaan yang positif, hal ini bisa membuat kita lebih baik. salah satu mencintai diri sendiri adalah dengan cara mendekat dengan orang - orang yang baik dan sehat.



Jika kita berteman dengan orang yang suka lari, kita akan semangat ikut olahraga lari, jika kita bergaul dengan orang - orang yang suka makan gak jelas,  kita akan ikut terjerumus dalam hal yang sama, memilih teman adalah salah satu kunci menghargai dan mencintai diri kita sendiri.

3. TRAVELLING

Saya selalu mengambil cuti ketika saya ada waktu luang dan kerjaan sedikit agak santai, biasanya saya akan traveling ke suatu tempat, entah itu menyelam di lautan, naik puncak gunung, atau jalan - jalan ke tempat yang belum pernah kita kunjungi. meluangkan waktu untuk travelling sangat saya butuhkan, agar otak fresh, semangat kembali ketika di hadapkan dengan pekerjaan.

Luangkan waktu untuk kita menikmati hasil jerih payah kita bekerja selama ini. Mumpung masih kuat Travelling dan waktu ada, kita harus maksimalkan kesempatan itu.

Bertemu dengan orang-orang baru akan membuka wawasan kita, melihat orang-orang yang hidup di bawah rata-rata dijalanan menjadikan kita lebih bersyukur dan menghargai diri kita sendiri.

Valentine yang dinobatkan sebagai hari kasih sayang, merupakan hari spesial bagi sebagian orang. Bagi saya mencintai diri sendiri, membahagiakan diri sendiri adalah cara bagaimana saya mencintai dan menghargai diri saya sendiri. 


Didi Kempot The Godfather of Broken Heart Idola semua kalangan sobat ambyar


Didi Kempot, salah satu penyanyi campursari yang menjadi kenangan masa kecil kini kembali di gandrungi, lagu – lagu Didi kempot sering diputar ayah ketika sore hari ini menjadi sejarah hidup saya, dulu ketika SMA sempat ikut lomba tembang jawa, dan membawakan lagu campur sari sewu kuto milik didi kempot, sampai ke tingkat kabupaten tapi sayangnya kalah. Kagum ketika lihat youtube Ngobam Didi kempot bareng Gofar Hilman  banyak sekali kaum milenial yang histeris dengar Didi kempot nyanyi dengan lagu – lagu galaunya berbahasa jawa. Tak heran pria yang ini dijuluki sebagai The Godfather of Broken Heart. Saat ini Didi kempot masih disukai oleh banyak kalangan tidak hanya penggemar lamanya anak – anak milenial juga mengidolakannya mereka disebut Sobat ambyar. Didi kempot ternyata sudah lama go international.  Tahun 1996 ia pernah pergi ke Belanda dan Suriname untuk menampilkan suara merdu dengan alunan campursarinya yang apik.
Berikut beberapa lagu galau Didi Kempot, lengkap dengan arti dan juga inspirasi Didi Kempot untuk membuat lagu. Ternyata ada yang dari kisah nyata, lho!
  1. Stasiun Balapan
Lagu ini satu di antara lagu - lagu Didi Kempot yang paling terkenal, lagu stasiun balapan ini terdengar asyik apalagi dengan  perpaduan musik campursari yang apik, lirik lagu stasiun balapan ini ternyata maknanya sangat mendalam dan sedih.
Seperti pada lirik lagunya, "Rasane koyo wong kelangan, kowe ninggal aku, ra kroso netes eluh ning pipiku." Kalau diartikan ke Bahasa Indonesia "Rasanya seperti kehilangan, kau tinggalkan aku, tak terasa air mata menetes di pipiku." Lagu ini bercerita tentang pasangan yang kisah cintanya berakhir di Stasiun solo Balapan di kota Surakarta.  
      2. Lingsir Wengi
Banyak yang takut saat mendengar judulnya, namun lagu yang berjudul Lingsir Wengi ini bercerita tentang kerinduan seseorang di tengah malam. Lirik lagunya, "Sepi durung biso nendro, Kagodho mring wewayang kang ngeridu ati." Kalau diartikan ke Bahasa Indonesia, "Sepi tidak bisa tidur, Tergoda bayanganmu di dalam hatiku." Waduh, siapa tuh yang di rinduin pakde Didi Kempot?
Lagu yang diaransemen Didi Kempot dengan nuansa campursari ini ternyata merupakan syair dari Sunan Kalijaga, lagu ini dibuat untuk menjauhkan bala. Jadi jangan salah sangka apalagi takut karena rumor lagu ini dapat memanggil hantu.
              3. Cidro
Arti dari lirik Cidro ini, bikin baper tidak karuan kalau kamu memiliki janji tak terbalaskan dengan mantan terindah. Lirik lagunya, "Remuk ati iki yen eling janjine, Ora ngiro jebul lamis wae."  Diartikan dalam Bahasa Indonesia jadi, "Hancur hati ini jika ingat janjinya, Tak terkira ternyata hanya dusta." Mencari jodoh memang susah, apalagi kalau pernah dikhianati orang yang disayang, sudah terlanjur sayang ternyata nyakitin, bakal ambyaar kalo denger dan meresapi lagu ini.
         4. Sekonyong Konyong Koder
Pernah mengalami momen tentang cinta lokasi ataupun cinta mendadak? Sepertinya harus coba mendengar Sekonyong Konyong Koder nih! Begini bunyi lirik lagunya, "Modal bensin seliter montorku tak setater, Tak ampiri ayo tak ajak muter-muter" artinya "Modal bensin satu liter saja ku stater, buat nyamperin kamu dan kuajak berkeliling."
Namun kesan menyayat hati sangat terasa kalau mendengar lirik berikutnya,"Tiwas aku dandan mlipit, Rambutku lengone pomit, Malah koe lungo plencing, ora pamit mit mit mit mit miiit (Koyo demit)" artinya "Aku sudah dandan klimis, Rambut sudah pakai pomade, Eh kamu malah pergi begitu saja. Nggak pamit mit mit miiit (Kayak hantu)".
Kasihan sekali orang yang diceritakan Didi Kempot, di PHP sama wanita yang di taksir. Di lagu ini, Didi Kempot mendapat inspirasi dari candaan untuk memberikan gambaran romansa cinta masyarakat kelas bawah.
          5. Sewu Kutho
Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang mencari belahan jiwanya yang tak pernah memberikan kabar padanya, orang yang diceritakan di lagu ini mencari belahan jiwanya selama bertahun-tahun tak pernah bertemu.
"Sewo kutho uwis tak liwati, Sewu ati tak takoni, Nanging kabeh, Podo ra ngerteni, Lungamu neng endi, Pirang tahun anggonku nggoleki, seprene durung biso nemoni." artinya "Seribu kota sudah kulalui, seribu hati kutanya, namun semua juga tidak tahu, kau pergi kemana, berapa tahun diriku mencari."
lagu ini juga sempat dinyanyikan orang yang membantu dirinya untuk rekaman yaitu Arie Wibowo.
Faktanya, lagu ini sudah didengar lebih dari satu juta kali di platform streaming musik. Tak heran, kalau ada orang yang mengatakan "Walaupun air mata mengalir, namun badan tak berhenti bergoyang."



Jadi jangan heran kalau Didi Kempot kemudian didapuk menjadi brand ambyarssador terbarunya Shopee. Didi Kempot jadi wajah untuk kampanye diskon Shopee 2.2 Men Sale yang berlangsung selama bulan Januari sampai Februari 2020. Selain menawarkan promo diskon hingga 50% dan juga tentunya yang tak pernah ketinggalan, gratis ongkir, ada pula promo spesial produk-produk pria pilihannya seperti Shopee Super Brand Day, Fashion Pria Day, Pulsa, Tagihan & Tiket Day, dan masih banyak lagi. Ayo diborong mumpung lagi Shopee Men Sale !

POLA HIDUP SEHAT SAAT MUSIM HUJAN

Mengawali tahun 2020, hujan hampir mengguyur seluruh wilayah Indonesia, yang mengakibatkan banjir melanda berbagai kota. Saat musim hujan seperti sekarang ini, menjadi kesempatan bagi mikroorganisme penyakit untuk menyerang manusia. Oleh karena itu stamina tubuh harus dijaga agar selalu sehat dan bugar, sehingga tidak gampang terkena penyakit yang sering terjadi di musim hujan.
Penyakit apa saja yang perlu diwaspadai saat musim hujan ?

  1. Influenza. Virus ini akan menyebarkan lewat cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur. Gejala influenza yaitu pilek, batuk, sakit tenggorokan, letih lesu, mual muntah, diare, dan demam > 38 derajat. Untuk mencegah Influenza, lakukan olahraga dan istirahat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur, cuci tangan dan memakai masker ketika terkena flu agar orang yang kita sayangi tidak tertular.
  2. Demam berdarah. Penyakit akibat virus yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictusini. Gejala DBD yaitu sakit kepala, demam mendadak, nyeri belakang bola mata, mual dan manifestasi pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah, serta adanya kemerahan pada permukaan tubuh penderita. Untuk mencegah demam berdarah, lakukan 3 M Plus : Menguras bak mandi, menutup tempat air, memanfaatkan barang bekas untuk di daur ulang agar tidak berserakan sehingga menjadi sarang nyamuk, serta lakukan PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk)
  3. Diare. Penyakit ini muncul karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasite seperti E.Coli, Salmonela, Shigella, dll. Gejala Diare yaitu dehidrasi, lemas, kulit kering, pusing, sering BAB. dll. Untuk mencegah diare, pastikan mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir, buang air besar pada tempatnya, dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan makanan.
MAKAN MAKANAN SEHAT, BUAH DAN SAYUR

ketika musim hujan nafsu makan kita akan bertambah, nah kita harus cerdas memilih makanan yang kita konsumsi, pilih makanan sehat seperti buah dan sayur secara teratur, baiknya kita mengonsumsi lima sampai enam porsi setiap harinya. Jika merasa terlalu banyak, kita bisa mengonsumsi satu porsi setiap hari, lalu dalam waktu seminggu kita tambah satu porsi lagi. Kalau kita bosan, bisa kita olah menjadi smoothies dengan mencampurkan beberapa jenis buah dan sayur. Kita juga dapat menyulapnya menjadi healthy bowl dengan menambahkan topping potongan buah atau biji – bijian ke dalam healthy bowl buatan kita.  makanan sehat dan bersih tidak harus mahal , yang penting jelas komposisi antara karbohidrat, protein, buah, dan sayur.

 

Biasanya kalau saya memilih apel untuk dibawa kemana - mana, selain teksturnya yang gak mudah lembek, apel kaya akan vitamin C, serat dan berbagai anti oksidan. Satu buah apel diketahui mengandung 95 kalori yang sebagian besarnya berasal dari kandungan karbohidrat didalamnya. meski tinggi kalori apel bebas dari lemak dan cholestrol. 

Jenis Apel washington


OLAHRAGA

Meskipun musim hujan kita harus tetap semangat untuk olahraga setiap hari, ada banyak pilihan olahraga yang bisa kita lakukan di musim hujan, pergi ke tempat Gym, aerobic, yoga, power swing bisa menjadi pilhan karena kita olahraga di dalam ruangan.
Jika tidak memungkinkan bisa keluar rumah kita bisa lakukan di dalam rumah dengan push up, shit up dan berbagai macam gerakan yang aman, kalau kita tidak tau caranya bisa download berbagai aplikasi di smartphone kita. Bila kita tidak terbiasa berolahraga kita dapat memulainya dengan pemanasan dipagi hari setelah bangun tidur atau bisa bersepeda mengelilingi komplek rumah.
Rutin berolahraga bukan hanya bagian dari pola hidup sehat bagi anak muda. Olahraga sangat penting dilakukan. Berapapun usiamu, usahakan untuk tetap aktif secara fisik. Banyak orang berfikir bahwa olaharaga adalah kegiatan yang melelahkan, maka tidak heran apabila saat ini banyak orang malas atau tidak menyempatkan waktunya untuk berolahraga.

    



ISTIRAHAT YANG CUKUP

Istirahat cukup merupakan salah satu hal yang paling penting yang harus kita jaga, kebutuhan istirahat setiap individu berbeda – beda sesuai tahap perkembangan aktivitas yang dijalani. National sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia muda ( 18 – 25 tahun ) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.

Baca juga : KANKER

Saat tidur terjadi peningkatan produksi system kekebalan tubuh dan protein tertentu, sebagai agen tertentu yang memerangi penyakit. Pembunuh kanker yang disebut TNF (Tumor necrosis factor) juga dipompa melalui pembuluh darah saat tidur. Inilah yang menyebabkan tidur cukup dapat membantu melawan infeksi.

Di system pencernaan, kecepatan system pencernaan akan melambat. Untuk alasan ini, makan larut malam tidak di anjurkan karena enzim dan asam lambung yang berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energy tidak aktif. Sehingga dapat menumpuk kalori dalam tubuh. 


Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, tidur dapat membantu kamu untuk membentuk tubuh yang proporsional, tidur dalam posisi yang baik juga dapat merangsang kreativitas dan meningkatkan ingatan. maka, yuk kita atur jam tidur kita, agar bisa mendapatkan tidur yang efektif dan hidup sehat.

CUCI TANGAN DAN GOSOK GIGI

Sudah mencoba hidup sehat dengan istirahat cukup, olahraga, dan makan sayur ada yang takkalah penting, cuci tangan sebelum dan sesudah makan sangat harus kita lakukan karena kita tidak tau bakteri apa yang menempel di tangan kita, usahakan cuci tangan dengan baik dan benar. Mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit seperti influenza, diare, hingga hepatitis A sampai 50%, nah, berikut cara cuci tangan yang benar :

  1. Gosok telapak tangan - Menggosok dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.
  2. Gosok punggung tangan - Gunakanlah telapak tangan kanan untuk menggosok punggung tangan kiri, kemudian lakukan sebaliknya.
  3. Gosok Sela Jari - Silangkan jari tangan kanan dengan kiri, kemudian gosok hingga benar- benar bersih
  4. Gosok bagian dalam jari - Gosoklah bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  5. Bersihkan Ibu jari - Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan.
  6. Bersihkan kuku - kuku - Bersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung - ujung jari hingga saling bertemu.
Picture by RS Wijaya Kusuma

Jika sudah selesai bilas dengan air mengalir hingga bersih, lakukan selama 15 - 30 detik. kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya.

Sudah cuci tangan setelah makan, jangan lupa gosok gigi juga ya, karena mulut adalah tempat dimana bakteri mudah berkembang biak karena kondisinya yang lembab. Jadi apabila bakteri pada mulut dibiarkan, dapat berdampak burukbagi kesehatan, jangan malas gosok gigi sebelum tidur, biasanya hal ini baru diperhatikan apabila mengalami sakit gigi atau bau tidak sedap pada mulut.

Jaga pola hidup sehat, cuaca ekstrimpun badan tetap kuat. salam hidup sehat.








Resolusi Tahun 2020 : Makin sehat, Sukses, dan Beristri

Tak terasa 2019 sudah berada dipenghujung tahun. Tahun yang sangat mengagumkan, banyak hal yang sudah saya lalui di tahun 2019, dari konflik di kantor, beberapa kali jadi narasumber FGD kementrian pariwisata, dipercaya jadi google trusted verifier, mengelola destinasi wisata pasar karetan, dan yang paling berkesan tahun ini bisa travelling ke Hanoi Vietnam.


Resolusi 2019 ada beberapa yang tercapai, ada juga yang masih proses saya perjuangkan, tak mudah bagi saya ditahun ini, dengan seabrek kegiatan yang luar biasa padetnya, saya bisa berproses menjadi lebih baik, sangat bersyukur. dan untuk menyambut tahun 2020 saya membuat resolusi baru, karena resolusi bagi saya adalah tujuan yang akan saya capai di masa depan.

RESOLUSI 2020

1. SEHAT
Sebagai seorang yang kerja dibidang kesehatan saya tahu betul rasanya jika sakit, semua akan repot, badan akan takberdaya, ini salah satu resolusi utamaku di tahun 2020, menjaga badan agar tetap sehat dengan olahraga 30 menit sehari dan makan lima sehat empat sempurna.

5 Manfaat olahraga bagi tubuh kita :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
2. Membuat tubuh lebih tegap
3. Merangsang pertumbuhan ideal
4. Meningkatkan daya pikir
5. Meningkatkan nafsu makan

Nah kalo makan juga jangan sembarangan ya, makan - makanan sehat, banyakin sayur dan buah, ini saya biasanya makan buah aple washington, yang kaya vitamin.

2. PUNYA USAHA
Menjadi pengusaha salah satu hal yang ingin saya capai di tahun 2020, punya kedai kopi, atau usaha properti sepert meubel dan sebagainya.

3. INVESTASI
Mempunyai aset seperti rumah, Emas, dan tabungan yang cukup untuk masa depan, ini sangat saya perlukan di usia saya saat ini, biar tambah mapan.

4. TRAVELLING
Destinasi wisata yang saya ingin kunjungi tahun 2020, di Indonesia ada Labuan Bajo, dan di luar negri ingin ke Jepang atau India.

5. ISTRI
Membangun keluarga, mempunyai Istri dan anak sangat saya harapkan tercapai ditahun 2020, semoga jodoh cepat datang, persiapan lebih matang di tahun 2020, semoga lebih mantab menentukan keputusan.

6. MEMPUNYAI MOBIL PRIBADI
Kendaraan ini sangat saya butuhkan di tahun 2020, karena sudah menjadi kebutuhan sehari - hari.


Nah kalau resolusi kalian apa teman - teman. yuk tulis resolusi kalian agar bisa kita pegang dan kita wujudkan tahun 2020. Semangat