Featured Slider

BERKELILING DUNIA DALAM IMAJENASI LITERASI


Pernah mendengar istilah membaca adalah jendela dunia, kita dapat melihat senyum,canda, tawa dari tulisan, karena sebuah tulisan mempunyai makna yang mendalam. kalian setuju ga sih kalau dengan membaca buku kita seakan - akan 'berkeliling dunia". membaca buku membuat jiwa dan pikiran serta imajenasi kita melalang buana keliling dunia.

Buku ada bermacam - macam jenisnya, ada buku Novel, dongeng, travelling, pengetahuan, dan lain sebagainya. tiap - tiap jenis buku memiliki isi dan gaya bahasa yang berbeda. Tiap kata di dalam buku memiliki arti yang dapat mendiskripsikan suatu situasi yang dapat kita proyeksikan dalam imajenasi atau pikiran kita. Jadi lewat buku kita juga bisa merasakan sedih, senang, marah, yang paling penting kita bisa mendapat ilmu baru disana.

Di Era digital seperti ini, seharusnya kita bisa membaca buku dimanapun dan kapanpun, karena globalisasi membuat fisik buku berbeda menjadi file elektronik atau sering kita sebut e-book, seharusnya mempermudah kita, namun, sayangnya menurut Duta Baca Perpustakaan Nasional Republik Indonesia minat baca masyarakat indonesia sangat rendah dibandingkan dengan negara - negara lain. dari 61 negara, Indonesia menempati urutan kedua terendah di nomor 60. Dikala ada banyak dan mudahnya akses membaca buku, hal ini menurut saya sangat memprihatinkan.



Buat saya membaca adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi momentnya pas, bisa lupa waktu  keasyikan membaca, bisa saya umpamakan dengan kalian yang suka drama korea, BAB dalam buku adalah episode dalam drama, nah di dalam BAB tedapat suatu hal yang menarik dan terus bersambung ke BAB berikutnya, di sinilah letak keseruan membaca.  

Di hari Aksara Internasional ini bersama sembutopia dan pak Kafi Kurnia,  akan mencoba berbagi tips ke kalian agar suka membaca, : 

Membeli buku setiap gajian / setiap bulan 

Awalnya dulu saya jarang banget baca buku, sampai akhirnya saya menerapkan prinsip ketika gajian saya akan beli satu buku, buku apapun : misal cara merawat kelinci, cara budidaya jamur, atau kisah trinity yang travelling kemana- mana, Hal ini mungkin bisa kalian coba, entah nantinya kalian baca atau enggak, coba dibeli dulu buku yang menurut kalian seru dan berguna, nah tata rapi di dalam rak buku kalian, ketika pergi atau sedaang keluar rumah pastikan ada satu buku dalam tas kalian, baca buku itu ketika kalian sedang menunggu, atau mempunyai waktu luang, gak harus buka instargram atau sosial media seharain full juga kan.

Mengalokasikan Waktu Khusus untuk membaca 

Coba terapkan 10 menit dalam sehari  membaca buku, buku apapun yang ada di rak buku kalian, coba konsisten, awalnya memang berat, tapi jika kalian sudah menemukan rasa nyaman membaca buku, saya yakin kalian bakal ketagihan. 10 menit menunggu senja dengan alunan musik lirih dan secangkir teh hangat di temani novel cinta, rasakan kamu menjadi tokoh utama di novel tersebut. mantab jiwa

Manfaatkan Waktu Menunggu

Waktu menunggu bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan kebiasaan baca, ketika kita menunggu antrian panggilan kasir atau sedang menunggu orderan makan datang, manfaatkan waktu menunggu kita untuk membaca, bawa buku kemanapun kalian pergi di tas kalian, meskipun nanti kita baca  atau tidak dibawa saja, pasti nanti ada waktu dimana buku itu bisa dikeluarkan dan dibaca.

Membaca saat Istirahat atau sebelum tidur

Ini yang biasa saya lakukan, membaca menjelang tidur, karena disinilah saya bisa konsentrasi penuh dan memahami buku yang saya baca, karena padatnya aktivitas kerja biasanya waktu inilah yang tepat untuk membaca, coba baca 10 - 15 menit menjelang tidur, pemilihan buku di waktu - waktu tertentu memang diperlukan, membaca buku di kala akan tidur, biasanya saya pilih membaca buku yang sedikit agak berat, seperti buku - buku motivasi dan sikolog.

Download E-Book Sebanyak - banyaknya

Jika kalian malas membawa buku kemana- mana kalian bisa download e-book yang menurut kalian bermanfaat dan seru, tata dan buatkan folder khusus di dalam gedget kamu yang swaktu - waktu bisa dibuka dimanapun dan kapanpun, e-book menurut saya memang lebih simple, tetapi ada beberapa kekurangan karena tidak ada fisik buku kadang kita sering lupa untuk membuka dan membaca e-book.


Imajenasi Liteasi

Kisah menarik dari buku ke dunia nyata, saya terbawa ke gunung semeru setelah membaca buku altitude 3676, kisah seorang lelaki-laki yang mencari jati diri dia, travelling hingga ke Gunung semeru, dan disanalah kisah dia berawal.

Setelah saya baca Novel ini, saya ingin sekali ke Gunung Semeru, Ingin Lihat keindahan Ranukumbolo yang di ceritakan dalam novel, ingin merasakan dinginnya ranupane dan megahnya semburan gunung semeru yang masih aktif, kisah kalimati dan sejarah Soe-Hok-Gie.

Seperti yang saya katakan di awal,  kalau dengan membaca buku kita seakan - akan 'berkeliling dunia". membaca buku membuat jiwa dan pikiran serta imajenasi kita melalang buana, menambah wawasan dan tentunya menjadikan kita disukai banyak orang, karena setiap topik pembicaraan kita bisa berdisksi dengan literatur yang pernah kita baca.

Salam Literasi dan Salam lestari





BERSAMA INDONESIA BERJAYA, LAWAN CORONA

Saat ini semua negara di belahan dunia di uji oleh pandemi, termasuk Indonesia. Indonesia yang akan berusia 75 tahun senin  17 Agustus 2020. Berbeda dari tahun - tahun sebelumnya, euforia merayakan kemerdekaan dengan berbagai perayaan seperti upacara memperingati hari lahirnya negara kita ditiadakan.


Ditengah keadaan yang sangat menyiksa, dasar negara kita Pancasila ampuh mempersatukan bangsa, tidak sedikit orang terdampak pandemi covid 19, kehilangan pekerjaan, pulitnya perekonomian, usaha yang bangkrut, bahkan pengorbanan jiwa.

Di masa pandemi yang bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia, saya ingin menyampaikan kepada semua, kita harus bangkit dari keterpurukan, Indonesia harus berjaya, kita harus bertindak demi bangsa, demi kita semua masyarakat Indonesia.

Momen peringatan kemerdekaan Indonesiake 75 ini kita harus berkolaborasi, saling merangkul, bersatu menguatkan keberagaman, saling menjaga untuk tujuan bersama. beberapa hal yang harus kita lakukan untuk tetap menjaga bangsa kita berdiri dan berjaya adalah mentaati protokol kesehatan, gunakan masker saat keluar rumah, cuci tangan sebelum dan sesudah pegang barang atau makan, tetap lakukan psicaldistancing. 

Meskipun kita jaga jarak, kita tetap bisa melakukan hal yang mampu merubah dunia, lakukan hal - hal kecil ini berikut ini :

1. SALING MENJAGA

Saling menjaga, dan perhatian saat ini adalah hal yang paling tepat kita lakukan, menayakan kabar ke orang yang kita sayang, orang dekat, sahabat, teman bisnis. karena dukungan dari kita merupakan energi besar buat mereka.   

2.   BERCERITA KE KELUARGA

Semakin sering kita dengar berita yang sama, secara tidak kita sadari akan memikirkan hal itu, sehingga depresi dan jenuh akan kita dapat, kita coba sesekali bahas berita lain, dan informasi baru.

3. BERSUARA MELAWAN BERITA HOAX

Ketika kita mendapatkan informasi jangan mudah percaya, karena berita yang sudah di publish kadang tidak sesuai dan dilebih - lebihkan. Kita perlu speak up, jika kita punya referensi dan sumber data terpercaya bahwa berita itu hoax, suara pertama yang berani bicara akan di ikuti suara - suara yang lain yang sependapat. 

4. BANTU POSTING DAGANGAN TEMAN

Mempertahankan usaha di masa sulit seperti ini sangat membutuhkan kesabaran dan keuletan ekstra, untuk itu teman yang mempunyai usaha seperti ini sangat butuh dukungan, setidaknya kita bantu mempromosikan di akun - akun sosial media kita, Karena semakin banyak yang tau semakin terbuka jalan usahanya

5. MEMBERI

Perhatian ke keluarga atau orang dekat sangat penting saat masa sulit seperti ini, berikan sesuatu kepada orang dekat kita jika kita punya rezeki lebih, saling memberi saling berbagi, hal ini tidak bisa lagi di ukur dengan materi, karena sesuatu yang kita beri itu adalah cinta kasih kita.

Semoga hari merdeka di  tahun yang sulit ini bukan hanya jadi slogan semata tapi jadi titik pengingat untuk saling membantu apa yang kita bisa untuk sesama, taklukan segala hambatan, terus maju, melawan segala rintangan, karena kita yakin INDONESIA BERJAYA.

TRAVELLER AYO BANTU KURANGI SAMPAH !

Hai, apakabar ? sudah New Normal, meskipun grafik covid terus naik, kita harus bangkit dari keterpurukan, setujukan ? pemerintah telah mengumumkan dan membuka beberapa tempat wisata,  tentunya kalian pasti seneng, dan gak sabar nyelesein bookinglist tempat- tempat keren yang ingin kalian kunjungi.

Destinasi apa yang kalian ingin kunjungi setelah pandemi ini guys ? Ingin menyelam di laut, mendaki gunung, shoping di singapore, kulineran asik di thailand, atau mau liat kuil bling - bling di myanmar. tapi ingat ya, kalian harus tetap patuhi protokol kesehatan, bawa masker, selalu cuci tangan dan tetap harus psical distancing.

Ngomongin covid mulu bosen kali ya kita, nah aku pengen ngajak kalian sedikit aware tentang lingkungan kita, sebagai traveller ramah lingkungan, he.he sebutan aku aja sih ini, kalian wajib menjaga bumi, dan lingkungan kita, jangan buang sampah sembarangan. 

tau gak sih ? produksi sampah bisa mencapai 4 miliar ton pada tahun 2100 nanti, bisa bayangkan bumi dan lautan penuh dengan sampah, semua mahluk hidup terancam, termasuk kita manusia. sebagai seorang traveller yang sering eksplore tempat - tempat baru, kalian harus concent terhadap sampah, karena akan sangat membantu destinasi wisata yang kita kunjungi tetap bersih, asri dan tentunya nyaman di kunjungi.


Setiap tanggal 3 juli diperingati sebagai internasional plastic bag free day atau hari tanpa kantong plastik sedunia. seperti kita ketahui, sekitar satu juta kantong plastik digunakan diseluruh dunia setiap menit, sedangkan proses terurainya sampah plastik memerlukan waktu hingga ratusan tahun.


kebetulan saya tinggal di Kota Semarang, di kota ini minimarket sudah tidak menyediakan kantong plastik, tentunya kita dukung dong, dengan membawa kantong belanja yang bisa dipakai beberapa kali. selain membawa kantong blanja sendiri kiat apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah :

1. Gunakan Tumbler
Menggunakan tempat minum sendiri, dan bisa di isi ulang lagi merupakan salah satu hal yang bisa berdampak besar bagi bumi kita, selain menghemat biaya, kita tidak beli minum dengan kemasan plastik di minimarket yang sekali pakai kemudian plastik di buang.

2. Kurangi Takeaway
Makan di tempat adalah solusi mengurangi sampah, kita tau jika kita takeaway pasti makanan yang kita beli dibungkus dengan plastik, sebisa mungkin hindari hal ini, karena kita akan jadi bagian dari orang-orang yang menggunakan plastik.

3. Toples kaca
Tempatkan sisa makanan di toples kaca, kita harus komitmen, mengurangi sampah plastik

4. Gunakan Gelas kaca atau Kramik
Hindari gelas plastik karena itu sangat berbahaya, apalagi jika digunakan untuk menyeduh air panas, zat - zat kimia yang terkandung di plastik bisa jadi ikut larut di minuman yang akan kita minum


5. Recycle
sampah yang sulit terurai dapat diolah kembali menjadi produk bermanfaat yang baru, misal kemasan cat besar bisa menjadi penampung air, ban kendaraan besar bisa dijadikan ayunan, botol air mineral bisa dijadikan pot tanaman, kemasan plastik makanan ringan bisa dijadikan tas. jadi sampah yang kita dapat bisa bermanfaat kembali.


Kita sebagai traveller harus lakukan hal - hal di atas, supaya bumi tetap terjaga, gak maukan kita diving ditemani dengan sampah plastik yang berenang - renang, ekspektasi lihat ikan nemo, yang ditemui malah plastik. kita harus merubah gaya hidup kita yang terbiasa dengan kantong plastik, kalau bukan diri kita yang mulai, siapa lagi ?

Bersama sembutopia ayo kita lestarikan bumi dengan tidak memakai kantong plastik.

MEROKOK MEMBUNUHMU : STOP ATAU KITA AKAN RUGI

Hari tanpa tembakau sedunia (HTTS) di peringati setiap tanggal 31 mei, yang bertujuan menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok ( menghisap tembakau ) selama 24 jam serentak di seluruh dunia serta untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan.

Mengkonsumsi rokok atau tembakau pada satu sisi adalah hak pribadi masing - masing warga negara, namun disisi lain, ada ruang publik yang mesti dihormati. Hak masyarakat untuk menghirup udara segar bebas dari asap rokok, harus mendapat perhatian.

Indonesia merupakan negara penghasil tembakau terbesar ke lima di dunia, sebagai negara penghasil tembakau, harga rokok tembakau tembakau di indonesia masih tergolong murah, sehingga masyarakat kalangan bawahpun dapat menjangkau dan membelinya, bahkan menurut riset yang dilakukan oleh litbangkes, diketahui bahwa pengeluaran untuk rokok di rumah tangga termiskin jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pengeluaran penting seperti pendidikan, kesehatan, telur, dan susu. orang lebih memilih beli rokok dibanding membayar jaminan kesehatan.


Merokok merupakan faktor penyebab timbulnya penyakit jantung koroner dan kanker paru. sebanyak 230.000 jiwa meninggal dunia akibat rokok pertahunya, saat kita merokok kita akan menghirup dan sedang memasukan sekitar 5000 zat kimia yang terkandung dalam rokok, ada Zat kimia yang bernana TAR suatu bahan resin yang berwarna hitam yang mulai melapisi gigi kita kemudian merusak enamel gigi, padahal enamel gigi sangat keras, dan bahkan dapat menimbulkan pembusukan.

Merokok juga dapat merusak ujung syaraf pada hidung, dan mengakibatkan berkurangnya indra penciuman,  di saluran nafas dan paru - paru merokok dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya infeksi salah satunya penyakit kronis (PTOK) Penyakit Paru Obstruktif Kronik contohnya seperti bronkitis dan emfisema, biasanya ada batuk panjang lebih dari tiga bulan dan kalau emfisema itu parunya molor. 

Asap rokok yang mengandung bahan kimia akan merusak bulu - bulu halus pada saluran nafas, atau namanya dikenal dengan silia, silia berfungsi untuk menyaring kotoran, agar udara yang kotor tidak masuk kedalam paru - paru, nah karena asap rokok,  silia ini akan rusak. Kemudian asap rokok juga akan memenuhi alveoli, alveoli itu seperti kantung - kantung kecil di paru - paru kita yang tugasnya untuk menstransfer atau pertukaran gas antara oksigen dan karbondioksida, jadi ketika kita menghirup udara yang mengandung oksigen kemudian tubuh kita akan menghasilkan karbondioksida yang beredar dalam darah, nah tugasnya alveoli ini untuk pertukaran, antara oksigen dan karbondioksida, pada perokok yang dihirup adalah karbonmonoksida ini akan berkaitan dengan Hemoglobine atau sering disebut Hb, nah kita tau tugasnya Hemoglobine itu untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, tapi ketika karbonmonoksida ini masuk ketubuh kita, oksigen ini akan kalah, jadi yang di ikat oleh Hb adalah karbonmonoksida, nah ini yang menyebabkan perokok sering mengalami sesak.

alveoli
Nikotin inilah  yang dicari oleh para perokok, nikotin ini akan ke otak kemudian akan memicu pelepasan dopamin dan neurotransmitter lainnya termasuk endorphin, ini yang membuat sensasi senang ketika merokok, dan inilah yang menjadikan adiktif atau ketagihan.

Zat - zat kimia yang masuk ke dalam tubuh kita membuat pembuluh darah menyempit, kemudian merusak lapisan endotelial lapisan paling dalam di pembuluh darah, sehingga menyebabkan penebalan dinding, dan pengentalan darah, akhirnya mudah terjadi pembekuan darah, sehingga meningkatkan terjadinya stroke dan penyakit jantung koroner.

Zat - zat kimia juga akan menyebabkan mutasi DNA Penyebab kanker, selain itu bahan - bahan seperti arsenik, kemudian nikel dapat mengganggu proses perbaikan DNA.

Nah dari penjelasan di atas, kalian pasti sudah tau dampak baik dan buruknya rokok bagi tubuh kita, nah bagi kalian yang ingin berhenti merokok saya sarankan jangan langsung berhenti sekaligus, karena tubuh kalian akan kekurangan nikotin, dan akan terjadi kecemasan dan kurang fokus dalam berkatifitas, pelan - pelan sedikit - demi sedikit dikurangi, kemudian alihkan ke kegiatan seperti olahraga, atau mengkonsumsi buah - buahan.

Saya tidak akan menyarankan anda berhenti merokok, karena kalian sendiri yang bisa menghentikanya, ketika ada niat, mencoba hidup lebih sehat, dan mempunyai keinginan yang kuat, pasti bisa meninggalkanya.

Salam sehat, 31 Mei 2020  

BERSAMA LAWAN COVID 19, KITA BISA !

Satu kata buat Pandemi ! PERGILAH ! kalian pasti setuju dengan kata - kata saya barusan, Pandemi covid 19 ini sudah sangat merugikan, menghawatirkan, membunuh, bahkan membuat orang menjadi kriminal.

Hampir dua bulan saya kerja tak ingat waktu, pagi, siang, bahkan pagi lagi, tidur kadang satu sampai dua jam, agar hasil pemeriksaan RT-PCR covid 19 cepat keluar, ya saya adalah nakes yang kerja di laboratorium tempat rujukan pasien covid 19 se jawa tengah, setiap hari hampir 200 sampel masuk ke kami. menyampingkan rasa lelah, rasa lapar, ngantuk bahkan sangat tidak peduli dengan diri kita sendiri demi pandemi cepat berlalu.
pic by : Liputan 6
Kangen dengan keluarga, sangat kangen bahkan sempat menangis ketika orang tua sakit dan tidak bisa pulang, saya bisa dikatagorikan OTG, dan alhamdulillah screning awal rapid saya Negative, beberapa nakes teman sejawat kami juga kena imbas, terinfeksi virus corona ini, sungguh was - was dan bergetar lemas ketika melihat hasil teman sendiri positif. 

Ramadhan penuh ujian, ramadhan yang tak mungkin saya lupakan, tidak bisa tarawih berjamaah, tadarus, bahkan kadang teman-teman sholat dengan tayamum pakai hazmad, kami terus berjuang menyampingkan ego masig - masing, ketika tugas di depan mata, siap kami laksanakan dengan ikhlas. 

Sudah 17.514 terkonfirmasi positif di Indonesia, dan akan bertambah terus seiring berjalannya waktu, tapi tren terakhir menunjukan bahwa pasien yang sembuh semakin tinggi, dan yang terkonfirmasi positif semakin rendah, semoga data tersebut membawa udara segar untuk kita semua, agar pandemi cepat berlalu.

Beberapa teman serta keluarga sering mengingatkan saya untuk jaga kondisi badan, agar saya juga tetap sehat di masa pandemi yang menguras tenaga ini, selalu makan dengan gizi seimbang dan tak lupa konsumsi buah setiap hari merupakan cara terbaik menjaga kondisi badan, ingat makan buah ingat kata- kata pak kafi Kurnia seorang pakar pemasaran Indonesia yang konsen dengan dunia kesehatan Sembutopia #RAJINMAKANBUAH. Badan memang butuh istirahat cukup, saya sempatkan tidur meskipun beberapa jam, yang saya rasa belum memenuhi kebutuhan istirahat saya, karena keadaan memang membuat saya lebih tidak mentaati jam tidur.

Rajin makan buah Apel Whasington
Minggu, 17 mei 2020 hari pertama setelah beberapa minggu tidak libur kerja, akhirnya WFH, tetap memantau pekerjaan, sesekali buka laptop dan Vidcall ke rekan kerja yang membantu saya membuat laporan dan hasil pemeriksaan RT - PCR Swab nasofaring orofaring covid 19 sejawa tengah, lega bisa istirahat di rumah, saya gunakan untuk berberes rumah, dan nyetrika, karena beberapa kali saya kerja memakai baju yang belum di setrika karena tidak sempat, alhasil lusuh kelihatan kumel. 

Lebaran tinggal beberapa hari lagi, semoga saya ada waktu untuk libur di hari raya dan sholat Idul Fitri. Idul fitri jadi inget kurma,  kemarin beli kurma medjol di supermarket dekat rumah, kok saya tiba-tiba ingin sekali kirim kurma ke orang tua saya di desa, selalu inget buka puasa bersama dengan takjil kurma, dan es buatan Ibu, kangen suasana itu.

Kurma Medjool dr Natural Delight
Pandemi saya mohon segera berlalu, banyak sekali penderitaan yang kami rasakan, banyak tetangga kami yang dirumahkan tanpa pesangon, tempat usaha tutup, bahkan kejahatan semakin meraja lela, ayo saling menguatkan, kita bisa melalui ini semua, salig tolong menolong, jaga tetangga, saling memberi,  dan tidak lupa memakai masker, jaga jarak, serta rajin cuci tangan.