Featured Slider

POLA HIDUP SEHAT SAAT MUSIM HUJAN

Mengawali tahun 2020, hujan hampir mengguyur seluruh wilayah Indonesia, yang mengakibatkan banjir melanda berbagai kota. Saat musim hujan seperti sekarang ini, menjadi kesempatan bagi mikroorganisme penyakit untuk menyerang manusia. Oleh karena itu stamina tubuh harus dijaga agar selalu sehat dan bugar, sehingga tidak gampang terkena penyakit yang sering terjadi di musim hujan.
Penyakit apa saja yang perlu diwaspadai saat musim hujan ?

  1. Influenza. Virus ini akan menyebarkan lewat cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur. Gejala influenza yaitu pilek, batuk, sakit tenggorokan, letih lesu, mual muntah, diare, dan demam > 38 derajat. Untuk mencegah Influenza, lakukan olahraga dan istirahat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur, cuci tangan dan memakai masker ketika terkena flu agar orang yang kita sayangi tidak tertular.
  2. Demam berdarah. Penyakit akibat virus yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictusini. Gejala DBD yaitu sakit kepala, demam mendadak, nyeri belakang bola mata, mual dan manifestasi pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah, serta adanya kemerahan pada permukaan tubuh penderita. Untuk mencegah demam berdarah, lakukan 3 M Plus : Menguras bak mandi, menutup tempat air, memanfaatkan barang bekas untuk di daur ulang agar tidak berserakan sehingga menjadi sarang nyamuk, serta lakukan PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk)
  3. Diare. Penyakit ini muncul karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasite seperti E.Coli, Salmonela, Shigella, dll. Gejala Diare yaitu dehidrasi, lemas, kulit kering, pusing, sering BAB. dll. Untuk mencegah diare, pastikan mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir, buang air besar pada tempatnya, dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan makanan.
MAKAN MAKANAN SEHAT, BUAH DAN SAYUR

ketika musim hujan nafsu makan kita akan bertambah, nah kita harus cerdas memilih makanan yang kita konsumsi, pilih makanan sehat seperti buah dan sayur secara teratur, baiknya kita mengonsumsi lima sampai enam porsi setiap harinya. Jika merasa terlalu banyak, kita bisa mengonsumsi satu porsi setiap hari, lalu dalam waktu seminggu kita tambah satu porsi lagi. Kalau kita bosan, bisa kita olah menjadi smoothies dengan mencampurkan beberapa jenis buah dan sayur. Kita juga dapat menyulapnya menjadi healthy bowl dengan menambahkan topping potongan buah atau biji – bijian ke dalam healthy bowl buatan kita.  makanan sehat dan bersih tidak harus mahal , yang penting jelas komposisi antara karbohidrat, protein, buah, dan sayur.

 

Biasanya kalau saya memilih apel untuk dibawa kemana - mana, selain teksturnya yang gak mudah lembek, apel kaya akan vitamin C, serat dan berbagai anti oksidan. Satu buah apel diketahui mengandung 95 kalori yang sebagian besarnya berasal dari kandungan karbohidrat didalamnya. meski tinggi kalori apel bebas dari lemak dan cholestrol. 

Jenis Apel washington


OLAHRAGA

Meskipun musim hujan kita harus tetap semangat untuk olahraga setiap hari, ada banyak pilihan olahraga yang bisa kita lakukan di musim hujan, pergi ke tempat Gym, aerobic, yoga, power swing bisa menjadi pilhan karena kita olahraga di dalam ruangan.
Jika tidak memungkinkan bisa keluar rumah kita bisa lakukan di dalam rumah dengan push up, shit up dan berbagai macam gerakan yang aman, kalau kita tidak tau caranya bisa download berbagai aplikasi di smartphone kita. Bila kita tidak terbiasa berolahraga kita dapat memulainya dengan pemanasan dipagi hari setelah bangun tidur atau bisa bersepeda mengelilingi komplek rumah.
Rutin berolahraga bukan hanya bagian dari pola hidup sehat bagi anak muda. Olahraga sangat penting dilakukan. Berapapun usiamu, usahakan untuk tetap aktif secara fisik. Banyak orang berfikir bahwa olaharaga adalah kegiatan yang melelahkan, maka tidak heran apabila saat ini banyak orang malas atau tidak menyempatkan waktunya untuk berolahraga.

    



ISTIRAHAT YANG CUKUP

Istirahat cukup merupakan salah satu hal yang paling penting yang harus kita jaga, kebutuhan istirahat setiap individu berbeda – beda sesuai tahap perkembangan aktivitas yang dijalani. National sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia muda ( 18 – 25 tahun ) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.

Baca juga : KANKER

Saat tidur terjadi peningkatan produksi system kekebalan tubuh dan protein tertentu, sebagai agen tertentu yang memerangi penyakit. Pembunuh kanker yang disebut TNF (Tumor necrosis factor) juga dipompa melalui pembuluh darah saat tidur. Inilah yang menyebabkan tidur cukup dapat membantu melawan infeksi.

Di system pencernaan, kecepatan system pencernaan akan melambat. Untuk alasan ini, makan larut malam tidak di anjurkan karena enzim dan asam lambung yang berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energy tidak aktif. Sehingga dapat menumpuk kalori dalam tubuh. 


Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, tidur dapat membantu kamu untuk membentuk tubuh yang proporsional, tidur dalam posisi yang baik juga dapat merangsang kreativitas dan meningkatkan ingatan. maka, yuk kita atur jam tidur kita, agar bisa mendapatkan tidur yang efektif dan hidup sehat.

CUCI TANGAN DAN GOSOK GIGI

Sudah mencoba hidup sehat dengan istirahat cukup, olahraga, dan makan sayur ada yang takkalah penting, cuci tangan sebelum dan sesudah makan sangat harus kita lakukan karena kita tidak tau bakteri apa yang menempel di tangan kita, usahakan cuci tangan dengan baik dan benar. Mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit seperti influenza, diare, hingga hepatitis A sampai 50%, nah, berikut cara cuci tangan yang benar :

  1. Gosok telapak tangan - Menggosok dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.
  2. Gosok punggung tangan - Gunakanlah telapak tangan kanan untuk menggosok punggung tangan kiri, kemudian lakukan sebaliknya.
  3. Gosok Sela Jari - Silangkan jari tangan kanan dengan kiri, kemudian gosok hingga benar- benar bersih
  4. Gosok bagian dalam jari - Gosoklah bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  5. Bersihkan Ibu jari - Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan.
  6. Bersihkan kuku - kuku - Bersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung - ujung jari hingga saling bertemu.
Picture by RS Wijaya Kusuma

Jika sudah selesai bilas dengan air mengalir hingga bersih, lakukan selama 15 - 30 detik. kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya.

Sudah cuci tangan setelah makan, jangan lupa gosok gigi juga ya, karena mulut adalah tempat dimana bakteri mudah berkembang biak karena kondisinya yang lembab. Jadi apabila bakteri pada mulut dibiarkan, dapat berdampak burukbagi kesehatan, jangan malas gosok gigi sebelum tidur, biasanya hal ini baru diperhatikan apabila mengalami sakit gigi atau bau tidak sedap pada mulut.

Jaga pola hidup sehat, cuaca ekstrimpun badan tetap kuat. salam hidup sehat.








Resolusi Tahun 2020 : Makin sehat, Sukses, dan Beristri

Tak terasa 2019 sudah berada dipenghujung tahun. Tahun yang sangat mengagumkan, banyak hal yang sudah saya lalui di tahun 2019, dari konflik di kantor, beberapa kali jadi narasumber FGD kementrian pariwisata, dipercaya jadi google trusted verifier, mengelola destinasi wisata pasar karetan, dan yang paling berkesan tahun ini bisa travelling ke Hanoi Vietnam.


Resolusi 2019 ada beberapa yang tercapai, ada juga yang masih proses saya perjuangkan, tak mudah bagi saya ditahun ini, dengan seabrek kegiatan yang luar biasa padetnya, saya bisa berproses menjadi lebih baik, sangat bersyukur. dan untuk menyambut tahun 2020 saya membuat resolusi baru, karena resolusi bagi saya adalah tujuan yang akan saya capai di masa depan.

RESOLUSI 2020

1. SEHAT
Sebagai seorang yang kerja dibidang kesehatan saya tahu betul rasanya jika sakit, semua akan repot, badan akan takberdaya, ini salah satu resolusi utamaku di tahun 2020, menjaga badan agar tetap sehat dengan olahraga 30 menit sehari dan makan lima sehat empat sempurna.

5 Manfaat olahraga bagi tubuh kita :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
2. Membuat tubuh lebih tegap
3. Merangsang pertumbuhan ideal
4. Meningkatkan daya pikir
5. Meningkatkan nafsu makan

Nah kalo makan juga jangan sembarangan ya, makan - makanan sehat, banyakin sayur dan buah, ini saya biasanya makan buah aple washington, yang kaya vitamin.

2. PUNYA USAHA
Menjadi pengusaha salah satu hal yang ingin saya capai di tahun 2020, punya kedai kopi, atau usaha properti sepert meubel dan sebagainya.

3. INVESTASI
Mempunyai aset seperti rumah, Emas, dan tabungan yang cukup untuk masa depan, ini sangat saya perlukan di usia saya saat ini, biar tambah mapan.

4. TRAVELLING
Destinasi wisata yang saya ingin kunjungi tahun 2020, di Indonesia ada Labuan Bajo, dan di luar negri ingin ke Jepang atau India.

5. ISTRI
Membangun keluarga, mempunyai Istri dan anak sangat saya harapkan tercapai ditahun 2020, semoga jodoh cepat datang, persiapan lebih matang di tahun 2020, semoga lebih mantab menentukan keputusan.

6. MEMPUNYAI MOBIL PRIBADI
Kendaraan ini sangat saya butuhkan di tahun 2020, karena sudah menjadi kebutuhan sehari - hari.


Nah kalau resolusi kalian apa teman - teman. yuk tulis resolusi kalian agar bisa kita pegang dan kita wujudkan tahun 2020. Semangat

HUT Ke 2 Pasar Karetan Sajikan Atraksi Heboh


KENDAL - Minggu, (10/11) menjadi edisi spesial bagi Pasar Karetan Raja Pendapa, Kendal Jawa Tengah (Jateng). Pasalnya edisi kali ini merupakan perayaan 2 tahun berdirinya destinasi digital ini.  
Untuk itu pengelola Pasar Karetan bakal menggelar acara super heboh. Dari mulai Arak-arakan tumpeng, penampilan 100 anak-anak dari sanggar Kenes Art, hingga live musik dari J&JMusic_id. Semua akan menggemparkan pasar dan membuat pengunjung bersenang-senang. 

"Pembukaan akan kita mulai dengan rak-arakan tumpeng sebagai wujud rasa syukur kami kepada Tuhan. Karena selama dua tahun ini pasar karetan selalu ramai, harapannya semoga pasar karetan ini tetap ada dan jadi tempat wisata unggulan di Jawa tengah, khususnya Kendal," kata Pengelola Pasar Karetan Kuspriyatna, Sabtu (9/11).

Jaminan kemeriahan acara pun diberikan oleh Alvien Lie sang pendiri sanggar Kenes Art. Menurut Alvien, 100 anak asuhnya akan all out memberikan tampilan terbaik.

"Anak-anak dari sanggar Kenes Art akan menampilkan Tari Jaranan, Tari Jangkrik, Tari Kupu Manis, Tari Semut, Tari Meong,Tari Kijang, Tari Kelinci, dan Tari Menthok, mereka sudah latihan satu bulan ini, khusus ulang tahun Pasar Karetan, dan pastinya akan menampilkan yang terbaik," ucapnya. 

Tak dapat dipungkiri, berdiri selama 2 tahun, Pasar Karetan tumbuh jadi ekosistem besar. Destinasi digital besutan GenPI Jateng ini hadir memberikan ruang kreatif bagi generasi muda. Bahkan destinasi digital ini memberi manfaat langsung ekonomi, sosial, dan budaya bagi masyarakat. Setiap minggunya Pasar Karetan mampu menyedot pengunjung datang.

Pasalnya selalu ada kesegaran yang ditawarkan oleh Pasar Karetan. Venuenya eksotis di rimbunya hutan karet yang asri. Belum lagi berbagai kuliner unik yang selalu saja membuat pengunjung kangen.

Pokoknya akan sangat seru. Jangan sampai ketinggalan. Selain Berbagai acara yang menarik, di Pasar Karetan ada festival kuliner tradisional, ada gendar pecel, bakso batok mlumah, cengkelek, Sambel tumpang, wedang rempah, dan masih banyak lagi kuliner yang bisa sobat wisata nikmati," timpal Juragan Pasar Diah Ariani.

Hanya itu saja? Eits tentu tidak. Pengunjung pun bisa  berfoto ria di Studio Pendapa. Foto dengan studio alam yang menarik dengan memakai kostum Jawa seperti Surjan. Sudio Pendapa pun mempunyai beberapa spot foto yang luar biasa. Ada ruang tamu yang di konsep Jaman dulu, ada TV kuno, dan ornamen2 kuno lainnya, Pawon (dapur) deso, bisa juga foto berlatar pendopo ( rumah Jawa kuno ) dan sawah atau ladang. 

"Ingat! Pasar karetan Buka setiap Minggu pagi, dari pukul 07.00 - 12.00 WIB. Yg mau datang, disarankan pagi karena kuliner komplit dan bisa melihat Performance yang menarik. 
Salam pesona Indonesia," pungkas Diah.

SADARI KANKER PAYUDARA DI TUBUH KITA


Bulan Oktober merupakan bulan kelahiran saya, sekaligus bulan memperingati hari kanker payudara sedunia yang jatuh setiap tanggal 26 Oktober, kalian tau gak sih, kanker payudara bisa kena ke siapapun, baik perempuan maupun laki - laki, baik anak muda maupun orang dewasa.
nah sebagai gambarannya lihat deh grafik dari WHO dibawah ini :


dari data di atas dapat kita lihat bahwa kasus kanker di Indonesia paling tinggi adalah kanker payudara, ngeri juga kalo kita tiba - tiba kita punya kanker payudara, jadi penasarankan gimana sih cara mendeteksi kanker payudara ? sebenarnya pemeriksaan kanker payudara dapat kita lakukan sendiri atau tidak ? simak nih ya ulasan berikut :

BAGAIMANA CARA MEMERIKSA PAYUDARA ?

Pemeriksaan payudara sendiri SADARI bisa dilakukan menggunakan tangan, penglihatan dan cermin  untuk memeriksa apakah ada perubahan fisik pada payudara kalian, berdirilah di depan kaca, buka pakaian dari pinggang ke atas, dan pastikan pencahayaan yang cukup, tentunya lakukan langkah di bawah ini :

  1. Perhatikan payudara kalian
  2. Berdirilah dengan lengan disamping tubuh, perhatikan bentuk sebaliknyak, ukuran, dan apakah ada perubahan seperti permukaan dan warna kulit, juga bentuk puting payudara.
  3. Letakan tangan pada pinggang dan tekan kuat - kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara sambil berkaca dari sisi kiri ke kanan dan ,
  4. Membungkuklah di depan kaca sehingga payudara terjulur kebawah. perhatikan dan raba untuk memeriksa apakah ada perubahan tertentu pada payudara anda.
  5. Tautkan kedua tangan dibelakang kepala dan tekan ke dalam. perhatikan kedua payudara, termasuk dibagian bawah.
  6. Periksa apakah terdapat cairan yang keluar dari puting, tempatkan jempol dan jari telunjuk disekitar puting. lalu tekan perlahan, dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar, ulangi pada payudara yang lain.    
Saat Mandi
Jika kalian pengen lebih yakin, bisa juga dilakukan saat mandi, busa sabun akan memudahkan memeriksa apakah ada benjolan di payudara kalian, caranya angkat satu tangan kalian keblakang kepala, gunakan tangan satunya yang sudah dilumuri sabun, raba payudara kalian dan tekan lembut dengan jari kalian, rasakan apakah ada benjolan atau tidak.

Berbaring 
Jika ingin memeriksa payudara dengan berbaring dan membuat kalian lebih nyaman lakukanlah  dengan cara berbaring dan siapkan lotion, berbaring membuat payudara melebar dan memudahkan untuk memeriksa, taruh tangan kanan kalian di belakang kepala dan raba dengan tangan satunya yang sudah dilumuri lotion, periksanya jangan terburu - buru ya, lebih dirasakan lagi, karena proses ini sangat penting untuk mendeteksi terdapat benjolan atau tidak.

BAGAIMANA JIKA TERDAPAT PERUBAHAN PADA PAYUDARA KITA ?

Benjolan atau perubahan payudara kita dapat disebabkan oleh beberapa hal, jangan panik dulu jika kita mendapatkan benjolan di payudara kita, segera konsultasikan ke dokter agar dipastikan itu benar-benar kanker payudara atau tidak, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti USG dan mamogram.



CARA MENCEGAH KANKER PAYUDARA

Mencagah lebih baik daripada mengobati, kalian setuju gak dengan pepatah tersebut, nah karena kita sangat beresiko terkena kanker payudara, kita sebaiknya ikuti cara berikut, agar kita dapat terhidar dari kanker payudara.


Banyak Makan Sayur, Buah dan Biji - Bijian 


Merubah pola makan merupakan hal kecil yang berdampak besar, yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit, banyak pakar kesehatan yakin ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan resiko kanker payudara.
Makan sehat seperti sayur, buah dan biji - bijian sangat kita butuhkan di dalam tubuh kita, karena di dalam buah mengandung banyak anti oksidan yang bantu melawan radikal bebas penyebab kanker payudara.
saya paling suka makan buah apel, ini aku pilih apel yang berwarna merah dari apple whasington tertarik beli ini karena lihat postingan dari Instagramnya sembutopia

satu buah apel satu hari bisa mengurangi resiko kanker dalam tubuh kita, karena mempunyai kadungan plavonoid dan polifenol.

Menghindari minum Alkohol

Semakin banyak kita mengkonsumsi alkohol semakin beresiko kita terkena kanker, menurut breastcancer.org alkohol dapat memicu kadar estrogen dan menyebabkan kerusakan DNA dalam tubuh, Jika tidak bisa berhenti mengkonsumsi alkohol coba kurangi sampai benar - benar lepas dari Alkohol.


Olahraga Rutin


Olahraga dapat mengurangi resiko kanker payudara, menjaga  berat badan tetap ideal merupakan langkah yang tepat agar tidak obesitas atau kelebihan berat badan, karena risiko kanker bisa meningat tajam.
Berolahragalah rutin minimal 30 menit setiap hari, kalian bisa memilih olahraga yang kalian sukai, yoga, lari, atau seperti saya freedive, jangan berolahraga hanya ketika mau atau sempat saja, ingat biaya pengobatan kanker sangat mahal, jadi mending kita kumpulin niat buat olahraga daripada kumpulin uang untuk biaya pengobatan kanker.

Berhenti Merokok
Bagi kalian yang aktif merokok, jika ingin terhindar dari kanker sebaiknya berhenti merokok, kandungan asap rokok sangat tidak baik bagi kesehatan, jika lingkungan kalian perokok aktif sebaiknya hindari karena perokok pasif juga sama resikonya dengan perokok aktif.

Menyusui
Ternyata menyusui selain bermanfaat bagi bayi, bermanfaat juga bagi Ibunya, ketika Ibu tidak menyusui akan terjadi peradangan atau pembekakan, jaringan payudara akan berubah dan mengakibatkan kanker payudara.
Semakin lama menyusui semakin kecil resiko kanker payudara terjadi, jadi sebaiknya Ibu memberikan ASI eksklusif selama dua tahun pada bayi kalian.

Mengetahui Riwayat Orang Tua
Kanker payudara merupakan kanker yang dapat diturunkan secaca genetik, sangat penting sekali mengetahui riwayat keluarga kalian, baik keluarga dari Ibu atau ayah kalian, bahkan bisa juga krabat dari kakek nenek kalian seperti bibi atau paman.
Jika terdapat keluarga atau krabat kalian yang terkena kanker payudara segera konsultasikan ke dokter agar memahami tentang riwayat penyakit kanker di keluarga.

Bagaimana sekarang sudah tahukan penyebab, cara mencegah dan cara mendeteksi kanker payudara. Semakin kita merubah pola hidup kita menjadi lebih baik semakin kecil kita terkena kanker payudara, semakin cepat kanker payudara terdeteksi semakin kecil hal buruk akan terjadi dengan penanganan yang tepat, Semoga bermanfaat, SALAM



CEGAH SERANGAN JANTUNG SAAT TRAVELING


Pernah gak sih kalian traveling sendirian, di negara yang kalian tidak mengenal siapapun atau di hutan yang hanya ada kamu seorang diri, pernah ngalamin gak ketika traveling tiba - tiba kamu sakit. nah apa yang harus kalian lakukan ?
Sebuah perjalanan harus dipersiapkan dengan baik, dari itinerary, budget, dan tentunya fisik yang sehat, kesehatan harus kita prioritaskan nomor satu, jangan sampai momen menyenangkan malah terganggu akibat kondisi badan yang kurang sehat, apalagi seorang solo traveler, yang gak punya travelmate.