CEGAH SERANGAN JANTUNG SAAT TRAVELING


Pernah gak sih kalian traveling sendirian, di negara yang kalian tidak mengenal siapapun atau di hutan yang hanya ada kamu seorang diri, pernah ngalamin gak ketika traveling tiba - tiba kamu sakit. nah apa yang harus kalian lakukan ?
Sebuah perjalanan harus dipersiapkan dengan baik, dari itinerary, budget, dan tentunya fisik yang sehat, kesehatan harus kita prioritaskan nomor satu, jangan sampai momen menyenangkan malah terganggu akibat kondisi badan yang kurang sehat, apalagi seorang solo traveler, yang gak punya travelmate.

UTAMAKAN KESEHATAN SAAT TRAVELING

Sedih kalau dengar berita pendaki meninggal di gunung, karena hipotermia, karena penyakit jantung, atau kelemahan fisik saat mendaki,  selain faktor alam, persiapan sebelum melakukan pendakian juga sangat menentukan keselamatan, kita seharusnya sadar dan paham hal - hal apa saja sih yang harusnya dipersiapkan sebelum kita berangkat eksplor sebuah destinasi wisata, banyak anak milenial yang ngakunya traveller belum paham tentang keadaan ini, sehinga terjadilah hal yang tidak diinginkan dalam sebuah perjalanan.

Saya pernah melihat sendiri orang yang hampir sekarat saat pendakian Gunung semeru, ketika menginap di Ranu Kumbolo, ada sekelompok orang minta tolong karena salah satu teman mereka sudah tidak sadarkan diri, dia mengalami hipotermia, karena persiapan mereka yang kurang baik, mereka tidur hanya berselimut sarung, tanpa sleeping bag, dan akhirnya malam itupun harus di evakuasi,  mendaki gunung adalah hobi yang banyak orang lakukan, sebuah hobi ekstrim harus dilengkapi dengan perlengkapan dan fisik yang prima.
olahraga sebelum melakukan traveling sangat dianjurkan, karena mengeksplore berbagai destinasi wisata itu membutuhkan fisik yang kuat, untuk menjaga tubuh tetap sehat, para ahli menganjurkan kita melakukan olahraga selama 30 menit per hari sebanyak lima kali dalam seminggu, agar fisik siap jantung sehat.

HARI JANTUNG SEDUNIA

Penyakit jantung adalah pembunuh pertama di dunia, hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa sebanyak 17,5 juta penderita meninggal setiap tahunnya. Hari Jantung Sedunia diprakarsai oleh Federasi Jantung Dunia dengan mengajak Badan Kesehatan Dunia WHO dan UNESCO dalam menyiapkan satu hari untuk menciptakan kesadaran populasi dunia akan penyakit jantung. WHO dan UNESCO telah setuju untuk mendeklarasikan minggu terakhir dibulan september pada tanggal 28 September sebagai hari jantung sedunia.

Kabar baiknya adalah penyakit jantung dapat dicegah dan dikontrol dengan langkah - langkah untuk memperbaiki gaya hidup dan pengobatan. Mengontrol faktor resiko membantu jantung untuk menua lebih lambat dan mengurangi resiko penyakit jantung secara dramatis.

Sebagai seorang traveler harus paham mengenai kondisi kesehatan jantung kita, kita tidak akan bisa menikmati sebuah perjalanan jika keadaan jantung kita tiba - tiba memburuk. serangan jantung adalah kondisi darurat dimana terjadi pemutusan atau penghentian aliran darah yang membawa oksigen ke jantung, kondisi ini dapat merusak otot jantung karena tidak mendapatkan suplai oksigen, dan bisa menyebabkan kematian.
Cepat mengenali Gejala
Gejala serangan jantung berbeda setiap orang, tergantung usia, jenis kelamin, dan tingkat keparahannya, untuk memberikan pertolongan pertama pada serangan jantung, kenali tanda - tanda yang mengindikasikan seseorang mengalami seranga.
  • Dada terasa nyeri, tertekan, atau sesak selama beberapa menit, menetap atau hilang timbul. Rasa sakit ini dilatarbelakangi penyumbatan aliran darah ke otot jantung.
  • Nyeri dada dapat menjalar ke lengan, pundak kiri, punggung, leher, rahang, tulang dada dan tubuh bagian atas.
  • Mual, muntah, nyeri ulu hati dan gangguan pencernaan.
  • Tubuh terasa sangat lemas dan pusing
  • Keluar keringat dingin
  • Sesak nafas.
  • Detak jantung cepat atau tidak beraturan
  • Adanya perubahan status mental
Jika kamu sendiri yang mengalami serangan jantung, hindari mengemudikan kendaraan, tarik nafas perlahan, duduk beristirahat sambil minta tolong ke orang untuk membaawa ke rumah sakit, atau menelpone ambulan.

Cara Memberikan Pertolongan
Penting mengetahui pertolongan pertama serangan jantung. Jika seseorang tiba - tiba mengalami serangan jantung, hal pertama yang perlu dilakuakan adalah :
  • Pasien harus duduk beristirahat, sebaiknya di lantai dan bersandar di tembok, agar tidak lebih beresiko mengalami cidera saat pingsan.
  • Longarkan semua pakaian
  • Jika sudah pernah diresapkan obat nitrogliserin sebelumnya oleh dokter, segera berikan, caranya dengan meletakkan tablet dibawah lidah.
  • Segera hubungi UGD atau rumah sakit terdekat.
  • Segera lakukan RJP (resusitasi jantung paru) setelah menghubungi UGD, jika pasien tidak sadar atau tidak merespon.
  • Panggil bantuan terdekat jika anda merasa panik. Tetapi jangan sekali - kali meninggalkan pasien sendirian.
  • Berikan persuasi positif sambil menunggu ambulan datang.
  • Jangan menunggu hingga gejala berlalu untuk memanggil bantuan. Juga jangan membujuk pasien bahwa gejalanya adakag hal biasa.
Untuk mencegah terjadinya serangan jantung, orang dengan penyakit jantung harus berhenti merokok maupun mengkonsumsi minuman beralkohol, serta menjaga tekanan darah, gula darah, dan kolestrolnya tetap normal. penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur, serta menjaga agar berat badan tetap normal. 


TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT TRAVELING

  1. Biasakan selalu mencuci tangan
Cuci tangan merupakan salah satu hal terpenting yang dapat dengan mudah dilakukan semua orang untuk menjaga kesehatan. Selama traveling kalian akan bepergian dari suatu tempat ketempat yang lain, tentunya sudah banyak hal yang kalian sentuh dan membuat kuman menempel pada tangan kalian. Mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit seperti influenza, diare, hingga hepatitis A sampai 50%, nah sobat wisata sudah benar belum, gerakan mencuci tangan kalian ?

1. Gosok telapak tangan 
Menggosok dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.
2. Gosok punggung tangan
Gunakanlah telapak tangan kanan untuk menggosok punggung tangan kiri, kemudian lakukan sebaliknya.
3. Gosok Sela Jari
Silangkan jari tangan kanan dengan kiri, kemudian gosok hingga benar- benar bersih
4. Gosok bagian dalam jari
Gosoklah bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
5. Bersihkan Ibu jari
Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan.
6. Bersihkan kuku - kuku
Bersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung - ujung jari hingga saling bertemu.
Picture by RS Wijaya Kusuma

Jika sudah selesai bilas dengan air mengalir hingga bersih, lakukan selama 15 - 30 detik. kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya.

2. Konsumsi Vitamin
Salah satu cara mencegah sakit pada saat traveling adalah dengan rutin mengkonsumsi vitamin, tidak sedikit kegiatan yang harus dilakukan saat traveling sehingga kemungkinan terserang berbagai penyakit,  saat kondisi badan melemah semakin meningkat. dengan rutin mengkonsumsi vitamin, diharapkan daya tahan tubuh kalian lebih terjaga.

3.  Tidur Cukup
Meskipun sedang traveling kalian harus memperhitungkan jadwal tidur, jangan sampai berantakan, meskipun kadang situasi tidak memungkinkan untuk tidur nyenyak, karena terlalu lelah, kurang nyamannya penginapan, atau menunggu flight pesawat. sempatkan tidur ketika ada kesempatan

4. Hati - Hati memilih makanan 
Setiap tempat - tempat baru pasti memiliki bermacam - macam makanan khas, sabar jangan tergoda dulu sobat wisata, kenali dulu kandungan yang ada di menu yang akan kita makan, biasaya saya googling, bahannya apa saja, apakah bisa membuat saya alergi, sesuaikan dengan kondisi tubuhn kita.

5. Minum Air Putih yang cukup
Saat traveling kita harus memperhatikan cairan yang kita konsumsi, bila kita lebih banyak jalan kaki, bergerak dan beraktivitas saat liburan, tingkatkan konsumsi cairan, lebih dari biasanya.
6. Sempatkan olahraga
Saat traveling sebaiknya kita tetap menyempatkan olahraga, setidaknya pemanasan sebelum kita ekplore tempat wisata, cukup 30 menit badan akan lebih siap menjelajah lebih jauh. 

7. Sediakan obat - obatan
Kita tidak pernah tahu kapan hal - hal buruk akan terjadi pada diri kita, dengan selalu menyediakan obat P3K beserta obat - obat yang kita butuhkan, akan meminimalisir kemungkinan kita jatuh sakit saat traveling.

Nah bagaimana sobat wisata, jika badan kita sehat, traveling juga akan lebih nyamankan, bahas kesehatan jantung jadi ingat sembutopia sebuah motivator online yang mengajak kita untuk merubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat.

kamis lalu saya bertemu dengan founder Sembutopia Bapak Kafi Kurnia, beliau memberikan saya banyak inspirasi untuk hidup lebih sehat, salah satu kalimat yang saya ingat adalah "Milenial itu INGIN BEROLAHRAGA LEBIH BANYAK tetapi kenyataannya HANYA INGIN, Iya HANYA INGIN. (Hanya Wacana), Gak sadar saya menganggukan kepala karena memang saya sangat setuju dengan pendapat beliau.
Bapak Kafi Kurnia - Founder Sembutopia

SEMBUTOPIA
 mengajak kita untuk lebih awere terhadap kesehatan, agar selalu menjaga pola makan, olahraga dan merubah gaya hidup kita yang sangat beresiko terkena penyakit menjadi lebih sehat.  So Yuk Jaga kesehatan tubuh kita dengan merubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat agar kita bisa menikmati hidup lebih baik, dan tentunya bisa punya banyak waktu untuk eksplor dunia.

SALAM



Tidak ada komentar