SADARI KANKER PAYUDARA DI TUBUH KITA


Bulan Oktober merupakan bulan kelahiran saya, sekaligus bulan memperingati hari kanker payudara sedunia yang jatuh setiap tanggal 26 Oktober, kalian tau gak sih, kanker payudara bisa kena ke siapapun, baik perempuan maupun laki - laki, baik anak muda maupun orang dewasa.
nah sebagai gambarannya lihat deh grafik dari WHO dibawah ini :


dari data di atas dapat kita lihat bahwa kasus kanker di Indonesia paling tinggi adalah kanker payudara, ngeri juga kalo kita tiba - tiba kita punya kanker payudara, jadi penasarankan gimana sih cara mendeteksi kanker payudara ? sebenarnya pemeriksaan kanker payudara dapat kita lakukan sendiri atau tidak ? simak nih ya ulasan berikut :

BAGAIMANA CARA MEMERIKSA PAYUDARA ?

Pemeriksaan payudara sendiri SADARI bisa dilakukan menggunakan tangan, penglihatan dan cermin  untuk memeriksa apakah ada perubahan fisik pada payudara kalian, berdirilah di depan kaca, buka pakaian dari pinggang ke atas, dan pastikan pencahayaan yang cukup, tentunya lakukan langkah di bawah ini :

  1. Perhatikan payudara kalian
  2. Berdirilah dengan lengan disamping tubuh, perhatikan bentuk sebaliknyak, ukuran, dan apakah ada perubahan seperti permukaan dan warna kulit, juga bentuk puting payudara.
  3. Letakan tangan pada pinggang dan tekan kuat - kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara sambil berkaca dari sisi kiri ke kanan dan ,
  4. Membungkuklah di depan kaca sehingga payudara terjulur kebawah. perhatikan dan raba untuk memeriksa apakah ada perubahan tertentu pada payudara anda.
  5. Tautkan kedua tangan dibelakang kepala dan tekan ke dalam. perhatikan kedua payudara, termasuk dibagian bawah.
  6. Periksa apakah terdapat cairan yang keluar dari puting, tempatkan jempol dan jari telunjuk disekitar puting. lalu tekan perlahan, dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar, ulangi pada payudara yang lain.    
Saat Mandi
Jika kalian pengen lebih yakin, bisa juga dilakukan saat mandi, busa sabun akan memudahkan memeriksa apakah ada benjolan di payudara kalian, caranya angkat satu tangan kalian keblakang kepala, gunakan tangan satunya yang sudah dilumuri sabun, raba payudara kalian dan tekan lembut dengan jari kalian, rasakan apakah ada benjolan atau tidak.

Berbaring 
Jika ingin memeriksa payudara dengan berbaring dan membuat kalian lebih nyaman lakukanlah  dengan cara berbaring dan siapkan lotion, berbaring membuat payudara melebar dan memudahkan untuk memeriksa, taruh tangan kanan kalian di belakang kepala dan raba dengan tangan satunya yang sudah dilumuri lotion, periksanya jangan terburu - buru ya, lebih dirasakan lagi, karena proses ini sangat penting untuk mendeteksi terdapat benjolan atau tidak.

BAGAIMANA JIKA TERDAPAT PERUBAHAN PADA PAYUDARA KITA ?

Benjolan atau perubahan payudara kita dapat disebabkan oleh beberapa hal, jangan panik dulu jika kita mendapatkan benjolan di payudara kita, segera konsultasikan ke dokter agar dipastikan itu benar-benar kanker payudara atau tidak, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti USG dan mamogram.



CARA MENCEGAH KANKER PAYUDARA

Mencagah lebih baik daripada mengobati, kalian setuju gak dengan pepatah tersebut, nah karena kita sangat beresiko terkena kanker payudara, kita sebaiknya ikuti cara berikut, agar kita dapat terhidar dari kanker payudara.


Banyak Makan Sayur, Buah dan Biji - Bijian 


Merubah pola makan merupakan hal kecil yang berdampak besar, yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit, banyak pakar kesehatan yakin ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan resiko kanker payudara.
Makan sehat seperti sayur, buah dan biji - bijian sangat kita butuhkan di dalam tubuh kita, karena di dalam buah mengandung banyak anti oksidan yang bantu melawan radikal bebas penyebab kanker payudara.
saya paling suka makan buah apel, ini aku pilih apel yang berwarna merah dari apple whasington tertarik beli ini karena lihat postingan dari Instagramnya sembutopia

satu buah apel satu hari bisa mengurangi resiko kanker dalam tubuh kita, karena mempunyai kadungan plavonoid dan polifenol.

Menghindari minum Alkohol

Semakin banyak kita mengkonsumsi alkohol semakin beresiko kita terkena kanker, menurut breastcancer.org alkohol dapat memicu kadar estrogen dan menyebabkan kerusakan DNA dalam tubuh, Jika tidak bisa berhenti mengkonsumsi alkohol coba kurangi sampai benar - benar lepas dari Alkohol.


Olahraga Rutin


Olahraga dapat mengurangi resiko kanker payudara, menjaga  berat badan tetap ideal merupakan langkah yang tepat agar tidak obesitas atau kelebihan berat badan, karena risiko kanker bisa meningat tajam.
Berolahragalah rutin minimal 30 menit setiap hari, kalian bisa memilih olahraga yang kalian sukai, yoga, lari, atau seperti saya freedive, jangan berolahraga hanya ketika mau atau sempat saja, ingat biaya pengobatan kanker sangat mahal, jadi mending kita kumpulin niat buat olahraga daripada kumpulin uang untuk biaya pengobatan kanker.

Berhenti Merokok
Bagi kalian yang aktif merokok, jika ingin terhindar dari kanker sebaiknya berhenti merokok, kandungan asap rokok sangat tidak baik bagi kesehatan, jika lingkungan kalian perokok aktif sebaiknya hindari karena perokok pasif juga sama resikonya dengan perokok aktif.

Menyusui
Ternyata menyusui selain bermanfaat bagi bayi, bermanfaat juga bagi Ibunya, ketika Ibu tidak menyusui akan terjadi peradangan atau pembekakan, jaringan payudara akan berubah dan mengakibatkan kanker payudara.
Semakin lama menyusui semakin kecil resiko kanker payudara terjadi, jadi sebaiknya Ibu memberikan ASI eksklusif selama dua tahun pada bayi kalian.

Mengetahui Riwayat Orang Tua
Kanker payudara merupakan kanker yang dapat diturunkan secaca genetik, sangat penting sekali mengetahui riwayat keluarga kalian, baik keluarga dari Ibu atau ayah kalian, bahkan bisa juga krabat dari kakek nenek kalian seperti bibi atau paman.
Jika terdapat keluarga atau krabat kalian yang terkena kanker payudara segera konsultasikan ke dokter agar memahami tentang riwayat penyakit kanker di keluarga.

Bagaimana sekarang sudah tahukan penyebab, cara mencegah dan cara mendeteksi kanker payudara. Semakin kita merubah pola hidup kita menjadi lebih baik semakin kecil kita terkena kanker payudara, semakin cepat kanker payudara terdeteksi semakin kecil hal buruk akan terjadi dengan penanganan yang tepat, Semoga bermanfaat, SALAM



2 komentar