POLA HIDUP SEHAT SAAT MUSIM HUJAN

Mengawali tahun 2020, hujan hampir mengguyur seluruh wilayah Indonesia, yang mengakibatkan banjir melanda berbagai kota. Saat musim hujan seperti sekarang ini, menjadi kesempatan bagi mikroorganisme penyakit untuk menyerang manusia. Oleh karena itu stamina tubuh harus dijaga agar selalu sehat dan bugar, sehingga tidak gampang terkena penyakit yang sering terjadi di musim hujan.
Penyakit apa saja yang perlu diwaspadai saat musim hujan ?

  1. Influenza. Virus ini akan menyebarkan lewat cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur. Gejala influenza yaitu pilek, batuk, sakit tenggorokan, letih lesu, mual muntah, diare, dan demam > 38 derajat. Untuk mencegah Influenza, lakukan olahraga dan istirahat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur, cuci tangan dan memakai masker ketika terkena flu agar orang yang kita sayangi tidak tertular.
  2. Demam berdarah. Penyakit akibat virus yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictusini. Gejala DBD yaitu sakit kepala, demam mendadak, nyeri belakang bola mata, mual dan manifestasi pendarahan seperti mimisan, gusi berdarah, serta adanya kemerahan pada permukaan tubuh penderita. Untuk mencegah demam berdarah, lakukan 3 M Plus : Menguras bak mandi, menutup tempat air, memanfaatkan barang bekas untuk di daur ulang agar tidak berserakan sehingga menjadi sarang nyamuk, serta lakukan PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk)
  3. Diare. Penyakit ini muncul karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasite seperti E.Coli, Salmonela, Shigella, dll. Gejala Diare yaitu dehidrasi, lemas, kulit kering, pusing, sering BAB. dll. Untuk mencegah diare, pastikan mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir, buang air besar pada tempatnya, dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan makanan.
MAKAN MAKANAN SEHAT, BUAH DAN SAYUR

ketika musim hujan nafsu makan kita akan bertambah, nah kita harus cerdas memilih makanan yang kita konsumsi, pilih makanan sehat seperti buah dan sayur secara teratur, baiknya kita mengonsumsi lima sampai enam porsi setiap harinya. Jika merasa terlalu banyak, kita bisa mengonsumsi satu porsi setiap hari, lalu dalam waktu seminggu kita tambah satu porsi lagi. Kalau kita bosan, bisa kita olah menjadi smoothies dengan mencampurkan beberapa jenis buah dan sayur. Kita juga dapat menyulapnya menjadi healthy bowl dengan menambahkan topping potongan buah atau biji – bijian ke dalam healthy bowl buatan kita.  makanan sehat dan bersih tidak harus mahal , yang penting jelas komposisi antara karbohidrat, protein, buah, dan sayur.

 

Biasanya kalau saya memilih apel untuk dibawa kemana - mana, selain teksturnya yang gak mudah lembek, apel kaya akan vitamin C, serat dan berbagai anti oksidan. Satu buah apel diketahui mengandung 95 kalori yang sebagian besarnya berasal dari kandungan karbohidrat didalamnya. meski tinggi kalori apel bebas dari lemak dan cholestrol. 

Jenis Apel washington


OLAHRAGA

Meskipun musim hujan kita harus tetap semangat untuk olahraga setiap hari, ada banyak pilihan olahraga yang bisa kita lakukan di musim hujan, pergi ke tempat Gym, aerobic, yoga, power swing bisa menjadi pilhan karena kita olahraga di dalam ruangan.
Jika tidak memungkinkan bisa keluar rumah kita bisa lakukan di dalam rumah dengan push up, shit up dan berbagai macam gerakan yang aman, kalau kita tidak tau caranya bisa download berbagai aplikasi di smartphone kita. Bila kita tidak terbiasa berolahraga kita dapat memulainya dengan pemanasan dipagi hari setelah bangun tidur atau bisa bersepeda mengelilingi komplek rumah.
Rutin berolahraga bukan hanya bagian dari pola hidup sehat bagi anak muda. Olahraga sangat penting dilakukan. Berapapun usiamu, usahakan untuk tetap aktif secara fisik. Banyak orang berfikir bahwa olaharaga adalah kegiatan yang melelahkan, maka tidak heran apabila saat ini banyak orang malas atau tidak menyempatkan waktunya untuk berolahraga.

    



ISTIRAHAT YANG CUKUP

Istirahat cukup merupakan salah satu hal yang paling penting yang harus kita jaga, kebutuhan istirahat setiap individu berbeda – beda sesuai tahap perkembangan aktivitas yang dijalani. National sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia muda ( 18 – 25 tahun ) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.

Baca juga : KANKER

Saat tidur terjadi peningkatan produksi system kekebalan tubuh dan protein tertentu, sebagai agen tertentu yang memerangi penyakit. Pembunuh kanker yang disebut TNF (Tumor necrosis factor) juga dipompa melalui pembuluh darah saat tidur. Inilah yang menyebabkan tidur cukup dapat membantu melawan infeksi.

Di system pencernaan, kecepatan system pencernaan akan melambat. Untuk alasan ini, makan larut malam tidak di anjurkan karena enzim dan asam lambung yang berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energy tidak aktif. Sehingga dapat menumpuk kalori dalam tubuh. 


Selain menjaga tubuh agar tetap bugar, tidur dapat membantu kamu untuk membentuk tubuh yang proporsional, tidur dalam posisi yang baik juga dapat merangsang kreativitas dan meningkatkan ingatan. maka, yuk kita atur jam tidur kita, agar bisa mendapatkan tidur yang efektif dan hidup sehat.

CUCI TANGAN DAN GOSOK GIGI

Sudah mencoba hidup sehat dengan istirahat cukup, olahraga, dan makan sayur ada yang takkalah penting, cuci tangan sebelum dan sesudah makan sangat harus kita lakukan karena kita tidak tau bakteri apa yang menempel di tangan kita, usahakan cuci tangan dengan baik dan benar. Mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit seperti influenza, diare, hingga hepatitis A sampai 50%, nah, berikut cara cuci tangan yang benar :

  1. Gosok telapak tangan - Menggosok dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.
  2. Gosok punggung tangan - Gunakanlah telapak tangan kanan untuk menggosok punggung tangan kiri, kemudian lakukan sebaliknya.
  3. Gosok Sela Jari - Silangkan jari tangan kanan dengan kiri, kemudian gosok hingga benar- benar bersih
  4. Gosok bagian dalam jari - Gosoklah bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  5. Bersihkan Ibu jari - Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan.
  6. Bersihkan kuku - kuku - Bersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung - ujung jari hingga saling bertemu.
Picture by RS Wijaya Kusuma

Jika sudah selesai bilas dengan air mengalir hingga bersih, lakukan selama 15 - 30 detik. kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya.

Sudah cuci tangan setelah makan, jangan lupa gosok gigi juga ya, karena mulut adalah tempat dimana bakteri mudah berkembang biak karena kondisinya yang lembab. Jadi apabila bakteri pada mulut dibiarkan, dapat berdampak burukbagi kesehatan, jangan malas gosok gigi sebelum tidur, biasanya hal ini baru diperhatikan apabila mengalami sakit gigi atau bau tidak sedap pada mulut.

Jaga pola hidup sehat, cuaca ekstrimpun badan tetap kuat. salam hidup sehat.








2 komentar