MENGENAL CORONAVIRUS COVID-19 YANG MEMATIKAN

Dunia telah dikejutkan dengan kasus coronavirus yang sangat cepat penyebarannya. Sudah 81.191 orang yang dilaporkan terinfeksi virus corona, dan 2.768 orang dinyatakan meninggal dunia. Indonesia sendiri sampai detik ini 26 Februari 2020 belum memiliki kasus coronavirus yang dilaporkan, kabarnya WHO sempat cemas, apakah Indonesia mampu mendeteksi virus ini. 



Kekawatiran WHO dikarenakan sejauh ini Indonesia masih Negatif virus corona. Sedangakan kita tahu bahwa negara - negara tetangga sudah positif, selain itu WHO menilai Indonesia belum mempunyai peralatan yang mumpuni untuk mendeteksi virus corona ini.

Pada selasa (11/2/2020), setelah meninjau langsung litbangkes yang bernaung di Kementrian kesehatan. "Indonesia punya kit atau peralatan yang bisa mendeteksi Novel Corona Virus, laboratoriumnya juga punya kompetensi untuk mendeteksinya" tutur Dr. Vinod Kumar Kumar Bura selaku Medical Officer WHO Indonesia.

Meninggalnya pasien dengan kasus suspect coronavirus yang terjadi di Semarang (23/2) dilaporkan hasilnya negatif virus corona. Sejak di rawat di RSUP dr. Karyadi dari tanggal 17 Februari 2020 dengan gejala mirip seperti virus corona, pasien menderita demam tinggi, batuk dan sesak nafas sejak pulang dari spayol dan dubai.

Penyebaran coronavirus di dunia sangat menghawatirkan, bagaimana tidak setiap menit angka kasus  terus bertambah, jika kalian ingin tahu perkembangan coronavirus bisa KLIK DISINI.


BERIKUT INI CARA MENGURANGI RESIKO INFEKSI CORONA VIRUS

1. CUCI TANGAN

Mencuci tangan dengan benar akan mencegah resiko infesi corona virus, kita tidak tau bakteri apa yang menempel di tangan kita, usahakan cuci tangan dengan baik dan benar. Mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit, berikut langkah cuci tangan yang benar :
Picture by RS Wijaya Kusuma
  • Gosok telapak tangan - Menggosok dengan cara menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.
  • Gosok punggung tangan - Gunakanlah telapak tangan kanan untuk menggosok punggung tangan kiri, kemudian lakukan sebaliknya.
  • Gosok Sela Jari - Silangkan jari tangan kanan dengan kiri, kemudian gosok hingga benar- benar bersih
  • Gosok bagian dalam jari - Gosoklah bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  • Bersihkan Ibu jari - Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan.
  • Bersihkan kuku - kuku - Bersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung - ujung jari hingga saling bertemu.

2. JAGA ETIKA BATUK





Karena coronavirus gejalanya dengan batuk, kita harus tau etika batuk,  karena etika batuk dapat mencegah penyebaran suatu penyakit secara luas melalui udara bebas (Droplets) dan membuat kenyamanan pada orang di sekitarnya. Droplets tersebut dapat mengandung kuman infeksius yang berpotensi menular ke orang lain disekitarnya melalui udara pernafasan. Penularan penyakit melalui media udara pernafasan disebut “air borne disease”. berikut langkah etika batuk yang harus kita ketahui dan praktekan.
  • Gunakan masker jika kita batuk / flu
  • Tutup mulut dan hidung menggunakan lengan tangan atas, karena batuk merupakan reflek yang tidak bisa di kontrol, sedangkan kita tidak siap membawa tisu, lengan bagian ataslah yang kita gunakan untuk menutupi mulut dan hidung kita, jangan telapak tangan karena telapak tangan yang belum di cuci sangat banyak bakterinya.
  • Tutup Mulut dan hidung dengan tisu, jika sedia tisu, lalu buang di tempat sampah, jangan buang sembarangan, dan segeralah cuci tangan dengan benar, dan menggunakan air mengalir. 
  • Jika sudah selesai bilas dengan air mengalir hingga bersih, lakukan selama 15 - 30 detik. kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya.

3. GUNAKAN MASKER SAAT BERAKTIVITAS

Dalam konteks kehidupan sehari-hari  pemakaian masker bedah atau masker N95 disarankan dipakai karena dapat membantu mengurangi risiko penularan. Beberapa ahli menyebut pemakaian masker ini lebih baik daripada tidak sama sekali.
4. MAKAN MAKANAN SEHAT BUAH DAN SAYUR

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsilah makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.
Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus Corona.

5. HINDARI TRAVELLING KE NEGARA POSITIF CORONA
Tidak hanya Tiongkok, penyakit infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa. Virus Corona juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.
Agar tidak tertular virus ini, disarankan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran coronavirus.

6. CARI BANTUAN MEDIS

Bila Anda mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam dua minggu terakhir Anda bepergian ke Tiongkok atau negara-negara lain yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Tidak ada komentar