MENCINTAI DIRI SENDIRI CARA AMPUH HARGAI DIRI

Banyak hal yang bisa membuat kita merasa tidak suka dengan kondisi kita saat ini,  Misalnya wajah berjerawat, makin tua, karir mentok, tak punya uang, hingga hal - hal lainnya yang membuat kita merasa gagal, akhirnya insecure, tidak percaya diri, hidup akan selalu negatif thinking.

Mencintai diri sendiri akan membebaskan kita dari beban sosial. dengan mencintai diri sendiri kita belajar memahami diri dan bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini. sederhananya kita memiliki pekerjaan yang menumpuk dan kita tau sampai jam berapa kita akan mengahiri pekerjaan itu, pahami diri kita, jika sudah sangat lelah, berhentilah, istirahatlah.

Untuk memulain mencintai diri sendiri kita  harus lebih dulu mengenal siapa kita sebenarnya secara mendalam, seperti apa sikap kita, karakteristik, kebutuhan, keinginan, hingga apa yang kita sukai dan tidak kita sukai.

Berikut cara saya mencintai dan menghargai diri saya sendiri : 

1. PENUHI KEBUTUHAN DIRI SENDIRI

Mengerti kebutuhan diri merupakan langkah utama mencintai diri sendiri, Kita harus memperhatikan kebutuhan kita, baik kebutuhan fisik, rohani, psikis atau mental kita. Misalnya dengan mengetahui bahwa kita harus tidur 7 - 8 jam sehari, makan tiga kali sehari, olahraga 30 menit sehari hingga beribadah tepat waktu. 

Hal - hal kecil yang di anggap remeh diatas jangan cuma diperhatikan, semua kebutuhan kita harus terpenuhi dengan cara - cara yang sehat. misalnya dengan memperhatikan menu sehat yang kita konsumsi, makanan sehat juga akan sangat berdampak baik bagi tubuh kita, kalau kita cemilan saja gorengan, nanti makan lauk gorengan lagi, alhasil lemak jahat akan menumpuk di tubuh kita, badan kaku, kesemutan, susah tidur akhirnya hipertensi, terus komplikasi ke jantung, kalo sudah begini kita yang susah, keluarga bakal repot. makan makanan sehat dan seimbangkan dengan buah dan sayur, agar gizi kita tercukupi. 

Saya agak sedikit rewel dengan perut yang selalu lapar, setres kerjaan lapar, malam ga bisa tidur  lapar, mungkin kalian juga senasib, nah saya selalu bawa apel whasington kemana-mana, saat kerja maupun travelling, untuk mengontrol agar tidak selalu mengkonsumsi makanan  yang kurang sehat, apalagi apel whasington bisa saya taruh di mana saja, saku atau ransel misalnya.


Nah tak kalah penting olaharaga, mulailah berkomitmen untuk olahraga kecil - kecilan seperti lari -lari di halaman rumah, push up di kamar, olahraga tak harus mahal, hal - hal yang saya contohkan di atas adalah olahraga yang tidak mengeluarkan biaya, kalian harus mencobanya.

Gaya hidup sehat sangat kita butuhkan, kita harus selalu mengontrol makanan yang akan masuk kedalam tubuh kita, asupan dan gizi seimbang harus kita prioritaskan, agar kita terhindar oleh virus dan kuman penyebab penyakit.

Bulan februari ini dikenal dgn memperingati hari kanker, saya sangat prihatin dengan penyakit yang mematikan ini, terlebih saya kerja di salah satu Laboratorium kesehatan yang memang menangani hal-hal semacam ini, hasil pemeriksaan PA ( Patologi anatomi) yang menunjkan keganasan kanker selalu mengerikan bagi saya, terlebih teman kerja saya ternyata sedang berjuang melawan kanker payudara.

Perjuangan merawat dan melawan penyakit kanker juga dirasakan beberapa teman saya, satu bulan yang lalu Ibu dari teman saya juga meninggal akibat kanker rahim.

Medical chek up saya rasa sangat kita butuhkan, kita tidak tau fisik kita nyata sehat atau tidak, ketika belum melakukan Medichal Chek up, Rumah sakit tidak hanya melayani orang sakit, orang sehat juga pasti dilayani. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. 

2. BERGAUL DENGAN ORANG-ORANG POSITIF

Dikelilingi oleh orang - orang yang positif, penyayang dan penuh cinta, bisa jadi sebuah keuntungan, kita akan terbawa suasana dan kebiasaan yang positif, hal ini bisa membuat kita lebih baik. salah satu mencintai diri sendiri adalah dengan cara mendekat dengan orang - orang yang baik dan sehat.



Jika kita berteman dengan orang yang suka lari, kita akan semangat ikut olahraga lari, jika kita bergaul dengan orang - orang yang suka makan gak jelas,  kita akan ikut terjerumus dalam hal yang sama, memilih teman adalah salah satu kunci menghargai dan mencintai diri kita sendiri.

3. TRAVELLING

Saya selalu mengambil cuti ketika saya ada waktu luang dan kerjaan sedikit agak santai, biasanya saya akan traveling ke suatu tempat, entah itu menyelam di lautan, naik puncak gunung, atau jalan - jalan ke tempat yang belum pernah kita kunjungi. meluangkan waktu untuk travelling sangat saya butuhkan, agar otak fresh, semangat kembali ketika di hadapkan dengan pekerjaan.

Luangkan waktu untuk kita menikmati hasil jerih payah kita bekerja selama ini. Mumpung masih kuat Travelling dan waktu ada, kita harus maksimalkan kesempatan itu.

Bertemu dengan orang-orang baru akan membuka wawasan kita, melihat orang-orang yang hidup di bawah rata-rata dijalanan menjadikan kita lebih bersyukur dan menghargai diri kita sendiri.

Valentine yang dinobatkan sebagai hari kasih sayang, merupakan hari spesial bagi sebagian orang. Bagi saya mencintai diri sendiri, membahagiakan diri sendiri adalah cara bagaimana saya mencintai dan menghargai diri saya sendiri. 


Tidak ada komentar