MEROKOK MEMBUNUHMU : STOP ATAU KITA AKAN RUGI

Hari tanpa tembakau sedunia (HTTS) di peringati setiap tanggal 31 mei, yang bertujuan menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok ( menghisap tembakau ) selama 24 jam serentak di seluruh dunia serta untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan.

Mengkonsumsi rokok atau tembakau pada satu sisi adalah hak pribadi masing - masing warga negara, namun disisi lain, ada ruang publik yang mesti dihormati. Hak masyarakat untuk menghirup udara segar bebas dari asap rokok, harus mendapat perhatian.

Indonesia merupakan negara penghasil tembakau terbesar ke lima di dunia, sebagai negara penghasil tembakau, harga rokok tembakau tembakau di indonesia masih tergolong murah, sehingga masyarakat kalangan bawahpun dapat menjangkau dan membelinya, bahkan menurut riset yang dilakukan oleh litbangkes, diketahui bahwa pengeluaran untuk rokok di rumah tangga termiskin jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pengeluaran penting seperti pendidikan, kesehatan, telur, dan susu. orang lebih memilih beli rokok dibanding membayar jaminan kesehatan.


Merokok merupakan faktor penyebab timbulnya penyakit jantung koroner dan kanker paru. sebanyak 230.000 jiwa meninggal dunia akibat rokok pertahunya, saat kita merokok kita akan menghirup dan sedang memasukan sekitar 5000 zat kimia yang terkandung dalam rokok, ada Zat kimia yang bernana TAR suatu bahan resin yang berwarna hitam yang mulai melapisi gigi kita kemudian merusak enamel gigi, padahal enamel gigi sangat keras, dan bahkan dapat menimbulkan pembusukan.

Merokok juga dapat merusak ujung syaraf pada hidung, dan mengakibatkan berkurangnya indra penciuman,  di saluran nafas dan paru - paru merokok dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya infeksi salah satunya penyakit kronis (PTOK) Penyakit Paru Obstruktif Kronik contohnya seperti bronkitis dan emfisema, biasanya ada batuk panjang lebih dari tiga bulan dan kalau emfisema itu parunya molor. 

Asap rokok yang mengandung bahan kimia akan merusak bulu - bulu halus pada saluran nafas, atau namanya dikenal dengan silia, silia berfungsi untuk menyaring kotoran, agar udara yang kotor tidak masuk kedalam paru - paru, nah karena asap rokok,  silia ini akan rusak. Kemudian asap rokok juga akan memenuhi alveoli, alveoli itu seperti kantung - kantung kecil di paru - paru kita yang tugasnya untuk menstransfer atau pertukaran gas antara oksigen dan karbondioksida, jadi ketika kita menghirup udara yang mengandung oksigen kemudian tubuh kita akan menghasilkan karbondioksida yang beredar dalam darah, nah tugasnya alveoli ini untuk pertukaran, antara oksigen dan karbondioksida, pada perokok yang dihirup adalah karbonmonoksida ini akan berkaitan dengan Hemoglobine atau sering disebut Hb, nah kita tau tugasnya Hemoglobine itu untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, tapi ketika karbonmonoksida ini masuk ketubuh kita, oksigen ini akan kalah, jadi yang di ikat oleh Hb adalah karbonmonoksida, nah ini yang menyebabkan perokok sering mengalami sesak.

alveoli
Nikotin inilah  yang dicari oleh para perokok, nikotin ini akan ke otak kemudian akan memicu pelepasan dopamin dan neurotransmitter lainnya termasuk endorphin, ini yang membuat sensasi senang ketika merokok, dan inilah yang menjadikan adiktif atau ketagihan.

Zat - zat kimia yang masuk ke dalam tubuh kita membuat pembuluh darah menyempit, kemudian merusak lapisan endotelial lapisan paling dalam di pembuluh darah, sehingga menyebabkan penebalan dinding, dan pengentalan darah, akhirnya mudah terjadi pembekuan darah, sehingga meningkatkan terjadinya stroke dan penyakit jantung koroner.

Zat - zat kimia juga akan menyebabkan mutasi DNA Penyebab kanker, selain itu bahan - bahan seperti arsenik, kemudian nikel dapat mengganggu proses perbaikan DNA.

Nah dari penjelasan di atas, kalian pasti sudah tau dampak baik dan buruknya rokok bagi tubuh kita, nah bagi kalian yang ingin berhenti merokok saya sarankan jangan langsung berhenti sekaligus, karena tubuh kalian akan kekurangan nikotin, dan akan terjadi kecemasan dan kurang fokus dalam berkatifitas, pelan - pelan sedikit - demi sedikit dikurangi, kemudian alihkan ke kegiatan seperti olahraga, atau mengkonsumsi buah - buahan.

Saya tidak akan menyarankan anda berhenti merokok, karena kalian sendiri yang bisa menghentikanya, ketika ada niat, mencoba hidup lebih sehat, dan mempunyai keinginan yang kuat, pasti bisa meninggalkanya.

Salam sehat, 31 Mei 2020  

Tidak ada komentar