MAKAN BUAH PIR BISA TINGKATKAN SISTEM IMUN SAAT PANDEMI

Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dituntut untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga protokol kesehatan. Sebagai salah satu bentuk ikhtiar menjaga kesehatan, Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan.

Salah satu buah yang bisa Anda coba ialah buah pir. Buah pir mempunyai nutrisi yang baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.



Bertepatan dengan hari Pir Sedunia yang dirayakan pada puncak musim buah pir selama awal Desember, perayaan ini dimulai selama akhir pekan, di pertama bulan Desember tepatnya di tanggal 5 Desember. Tujuannya adalah untuk mempromosikan semua jenis buah yang lezat ini ke seluruh dunia. 

Pir adalah buah yang berair dan manis yang telah ada sejak 5.000 SM. Karena keserbagunaan dan umur simpannya yang lama, pir menjadi komoditas yang sangat diinginkan di antara rute perdagangan dunia kuno. Amerika Serikat menjadi salah satu penghasil buah pir terbesar di dunia. Pir tersebar lebih di 24 negara termasuk Selandia Baru, Indonesia, India, Uni Emirat Arab, Meksiko, dll.  

Kafi Kurnia dari Peka Consult dan founder Sembutopia mengajak masyarakat untuk peduli menjaga kesehatan dengan rajin makan buah, termasuk pir, supaya daya tahan tubuh terjada dengan baik,“Pir memiliki tekstur yang lembut dan menyerupai mentega. Pir kaya akan serat makanan, Vitamin C, Vitamin K, tembaga, dan kalium. Buah pir dianggap sebagai salah satu makanan tersehat dan dapat menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker.” 

Setidaknya ada beberapa khasiat buah ini yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip dari Zeenews.

Cegah kanker

Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini membantu mengusir zat kimia penyebab kanker kolon. Kanker kolon atau sering disebut kanker usus besar, berada di ujung saluran pencernaan bawah.

Kasus awal dapat dimulai sebagai polip bukan nonkanker. Sebagian gejala umum yang dialami yaitu perubahan pada kebiasaan buang air besar, perubahan konsistensi tinja, adanya darah dalam tinja, dan perut yang terasa tak nyaman seperti kembung.

Penanganan kanker kolorektal tergantung pada ukuran, lokasi, dan seberapa jauh penyebaran kanker. Penanganan umum berupa operasi pengangkatan kanker, kemoterapi, dan terapi radiasi. nah sebelum semua telambat ayo konsumsi pir dan buah setiap hari.

Jaga kesehatan jantung

Pir adalah sumber serat makanan yang baik untuk jantung. Kandungan serat dalam buah ini mengurangi kolesterol dalam tubuh dan melindungi kita dari serangan jantung. Makan pir setiap hari bisa mengurangi risiko stroke juga.

Stroke merupakan keadaan darurat medis. Gejala stroke yaitu sulit berjalan, berbicara, dan memahami, serta kelumpuhan atau mati rasa pada wajah, lengan, atau tungkai.

Penanganan dini dengan obat-obatan seperti tPA (penghancur gumpalan darah) dapat meminimalkan kerusakan otak. Pengobatan lain berfokus dalam membatasi komplikasi dan mencegah stroke lainnya. 
sebelum terlambat kita harus mencegah penyakit ini mampir ke tubuh kita, dengan olahraga dan makan buah setiap hari.

Baik untuk pencernaan

Pir mengandung sekira 20-50 persen serat yang direkomendasikan untuk konsumsi harian. Kandungan serat tinggi dalam buah membantu dan meningkatkan pencernaan. 



Tingkatkan sistem imun

Pir mengandung kandungan antioksidan seperti vitamin C yang tinggi dan tembaga yang membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan melawan beragam penyakit.

Di masa pandemi ini, menjaga imun sangat kita perlukan, karena di akhir tahun grafik covid-19 tidak semakin menurun,  malah semakin meningkat. kita harus jaga diri dengan mentaati protkol kesehatan, tidak berkrumun, selalu mencuci tangan dan pakai masker dengan benar. 

Semoga kita selalu semangat menjalani hidup di masa sulit seperti ini, salam sehat, Ingat jangan lupa makan buah dan sayur, keephealty keep inspiring.  

Tidak ada komentar